Keep Calm, Stay Home and Stay Healthy

Saat ini penyebaran virus corona semakin meluas. Berdasarkan data BNPB, Kamis, 26 Maret 2020, pukul 12.00 ada 893 orang yang terdiagnosa positif Covid – 19 di Indonesia. Lalu apa yang bisa kita lakukan ketika salah satu tetangga atau orang di lingkungan tempat tinggal kita diduga terkena Covid-19?

1. Jangan Panik
Di situasi saat ini, sangat bisa dipahami jika kita merasa panik dan takut, tetapi kepanikan yang berlebihan tidak akan membantu. Kepanikan yang berlebihan akan membuat kita rentan terhadap informasi yang salah. Jadi, TETAP TENANG!

2. Dengarkan/ baca informasi dari sumber terpercaya.
Tidak semua informasi yang beredar di sosial media itu benar. Indonesia memiliki BNPB untuk menganggulangi situasi pandemi saat ini. Mereka selalu meng-update informasi terkini. Selain itu kita juga bisa melihatnya secara langsung melalui situs resmi yang telah diluncurkan pemerintah pusat dan daerah untuk memantau perkembangan virus corona di tanah air.

3. Tetap lakukan tindakan dasar pencegahan.
Pemerintah menyarankan masyarakat untuk melakukan aktifitas #dirumahaja. Selain itu kita juga perlu :
1. Cuci Tangan menggunakan sabun. Jika tidak ada sabun bisa menggunakan hand-sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%.
2. Menjaga jarak ketika bertemu
3. Jangan bersentuhan
4. Jika terpaksa harus keluar rumah, hindari kerumunan dan gunakan masker di kerumunan.

4. Tetap terhubung dengan orang lain secara online.
Isolasi diri bukan berarti tidak melakukan kontak sama sekali. Kita perlu tetap terhubung dengan orang lain melalui, telepon, video call atau aplikasi komunikasi online lainnya. Kontak dengan orang lain dapat membantu menjaga kesehatan mental kita.

So, keep calm, stay at home and stay healthy. We’re going to get through this together.

Katarina Ira Puspita, M.Psi., Psikolog