Mengapa Perlu Berpikir Positif?

Dengan adanya keadaan pandemi yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia ini, tidak sedikit orang yang merasa cemas, sedih dan takut. Emosi-emosi yang muncul tersebut memang merupakan respon yang wajar ketika seseorang menghadapi suatu peristiwa yang kurang menyenangkan. Tetapi perlu diingat, bukan berarti kita harus merasakan emosi-emosi tersebut seterusnya. Respon emosi tersebut dikatakan wajar jika tidak berkepanjangan.

Lalu hal apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir emosi-emosi yang kurang menyenangan tersebut?

BERPIKIR POSITIF.

Ya, berpikir positif. Mungkin ini merupakan jawaban yang mudah tertebak dan sering dilihat dimana-mana. Tetapi memang faktanya, pola pikir yang positif memiliki manfaat bagi tubuh dan pikiran manusia. Berikut di bawah ini merupakan beberapa manfaatnya:

  1. Penghilang stress

Individu yang memiliki pola pikir positif tidak akan mebiarkan dirinya merasakan frustasi jangka panjang. Tapi jangan salah, bukan berarti mereka dengan pola pikir positif tidak bisa merasakan emosi yang kurang menyenangkan. Tentu saja bisa, tetapi mereka akan dengan sendirinya menerima konsekuensi tersebut. Mereka lebih memilih untuk fokus terhadap hal-hal yang dapat dikontrol dan bergerak ke depan mencari solusi, bukan justru diam di tempat memeluk ketidaknyamanan yang mereka hadapi. Seperti misalnya, kondisi pandemik mengenai COVID-19 ini pada awalnya membuat seseorang takut dan cemas. Tetapi dengan berpikir positif, orang tersebut lebih memilih untuk fokus terhadap hal-hal yang dapat ia lakukan untuk mencegah terkenanya virus dibanding berdiam diri memikirkan ketidakpastian di luar sana yang tidak bisa ia kontrol. Individu dengan pola pikir positif tersebut fokus melakukan pencegahan, misalnya social distancing, rajin cuci tangan, menerapkan etika bersin dan batuk, istirahat cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi. Dengan begitu, individu tidak memiliki ruang untuk merasakan stres berkepanjangan.

  1. Meningkatkan imunitas

Selain makanan sehat, pikiran yang sehat juga merupakan asupan yang penting bagi imunitas tubuh kita. Pikiran memiliki pengaruh yang kuat terhadap tubuh manusia. Individu dengan pola pikir yang positif dapat memiliki imunitas tubuh yang lebih baik sehingga besar kemungkinannya ia terbebas dari penyakit atau virus. Sebaliknya, individu dengan pola pikir negatif justru menurunkan tingkat imunitas tubuhnya, dan tidak kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit atau virus.

  1. Meningkatkan well-being

Dengan pola pikir positif, individu dapat mengembangkan pola hidup yang lebih sehat. Seperti misalnya, dapat mengatasi stress dengan baik dan menghindari perilaku yang tidak sehat. Dengan adanya kebiasaan tersebut, kesejahteraan individu seecara keseluruhan pun akan meningkat.

  1. Ketangguhan yang lebih baik

Ketangguhan yang dimaksud merupakan kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah. Dengan pola berpikir positif, individu dapat meningkatkan ketangguhannya sehingga ia memiliki kemampuan untuk menghadapi krisis atau trauma dengan baik.

Jadi, tidak perlu panik dan jangan lupa untuk berlatih berpikir positif. Stay healthy!

Sumber:

Cherry, K. (2019, June 21). Benefits of positive thinking for body and mind. Diperoleh dari: https://www.verywellmind.com/benefits-of-positive-thinking-2794767

Jurusan Psikologi BINUS