Membina Nusantara ‘a la’ Psikologi BINUS (7)

Peluncuran Pusat Studi Publikasi Ilmiah berlangsung di Universitas Nahdlatul Ulama (UNUSA) Surabaya pada Sabtu, 8 Februari 2020. Pusat Studi ini didirikan oleh Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia (RJI), dan merupakan satu diantara sedikit pusat studi publikasi ilmiah; salah satu yang dapat disejajarkan adalah CWTS (Center for Science and Technology Studies) di Negeri Belanda.

Pusat Studi ini dibentuk berdasarkan SK Ketua Pengurus Pusat Perkumpulan RJI Nomor: A.01/003/RJI/XI/2019 tentang Penugasan Divisi Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia, dengan tujuan: (1) Membuat Roadmap Penelitian tentang publikasi ilmiah di Indonesia; (2) Menyelenggarakan kajian tentang Publikasi Ilmiah baik dalam hal penelitian, dan publikasi; (3) Mendiseminasi hasil kajian, baik dalam seminar/konferensi dan/berkala ilmiah; (4) Memublikasikan hasil kajian dalam bentuk prosiding, jurnal, atau buku; serta (5) Menyusun Laporan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat StudiPublikasi Ilmiah.

Bersamaan dengan peluncuran Pusat Studi, diselenggarakan seminar nasional bertajuk, “Tantangan Mewujudkan Riset yang Merata dan Berkeadilan antara Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa“, dengan tujuan (learning outcomes) bahwa peserta seminar pada akhir kegiatan ini mampu: (1) Menyadari tantangan yang harus dihadapi oleh peneliti dalam mewujudkan riset yang merata dan berkeadilan di Indonesia; (2) Mendiskusikan dan selanjutnya mampu memformulasikan langkah-langkah konkrit dalam menghadapi tantangan mewujudkan riset yang merata dan berkeadilan di Indonesia; (3) Mengenal dan selanjutnya terdorong untuk ikut serta dalam kegiatan Pusat Studi Publikasi Ilmiah RJI; serta (4) Berkontribusi dalam menyusun kegiatan Pusat Studi Publikasi Ilmiah RJI.

Sejumlah narasumber kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng. (Rektor UNUSA Surabaya), Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T., M.T. (Pendiri INARxiv), Eric Kunto Aribowo, M.A., Dr. Juneman Abraham, S.Psi. (Inisiator Sains Terbuka Indonesia, Anggota Pusat Studi Publikasi Ilmiah RJI, dan Dosen Psikologi BINUS), dan Muhamad Ratodi, M.Kes. (Duta Crossref dan Associate Editor DOAJ). Kepanitiaan Seminar, diantaranya oleh Maria Ayu Frani, Zulidyana, Furaida, Erwin Rasyid, dan Eka Aprilia Prihatiningsih, serta Fifi Koitul Fitriyah.

Dalam paparannya, Dr. Juneman Abraham, S.Psi. membawakan topik “PANDU (Psychological Science Accelerator: Delightful Collaboration) sebagai Sebuah Model Pemerataan Penelitian”, yang dioperasionalkan menjadi “PANDU: ‘Kafe Daring’ Peneliti untuk Pemerataan“.

Berikut ini adalah sejumlah dokumentasi kegiatan dimaksud:

 

Paparan Rektor UNUSA

Sketsa Dasapta Erwin Irawan

Ketua Umum RJI, Andri Putra Kesmawan


Juneman Abraham

 

Eric Kunto Aribowo

 

 

Juneman Abraham