Pekan Inovasi Psikologi Indonesia (PIPI) 5

Di tanggal 1 sampai 3 November 2019 kemarin, Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Jakarta Raya (HIMPSI JAYA) menyelenggarakan sebuah kegiatan berjudul “Pekan Inovasi Psikologi Indonesia (PIPI) ke 5” atau yang sebelumnya dikenal dengan nama “Olimpiade Psikologi Indonesia”. Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan ilmiah khusus untuk mahasiswa psikologi dari berbagai universitas di Indonesia.

PIPI 05 ini menyelenggarakan 12 jenis perlombaan: ada PsyScience (cerdas cermat khusus dengan tema psikologi); PsyPaper (merancang penelitian psikologi dan menuangkan idenya dalam tulisan); PsyPoster (memvisualisasikan penelitian psikologi ke dalam poster); PsyDebate (debat dengan topik psikologi); PsyClimb (kemampuan panjat tebing para mahasiswa psikologi); PsyFutsal (pertandingan futsal para mahasiswa psikologi); PsyFilm (mengekspresikan bakat sinematografi dengan tema “Toleransi Dalam Keberagaman”); PsyPhoto (kompetisi photography dengan tema “Toleransi Dalam Keberagaman”); PsyVoice (kompetisi paduan suara mahasiswa psikologi); PsyGram (mengunggah foto atau video positif dengan tema “Toleransi Dalam Keberagaman” ke akun Instagram); PsyPreneur (kompetisi ide kreatif dalam merancang bisnis khusus mahasiswa psikologi); dan PsyNovation (kompetisi untuk membuat ide tentang produk inovasi dengan mengaplikasikan prinsip dan teori psikologi). Keduabelas kegiatan ini diselenggarakan di 3 universitas sekaligus: Universitas Indonesia (Depok), Universitas Pancasila, dan Universitas Gunadarma.

Kegiatan PIPI 05 ini diikuti oleh peserta sebanyak 974 mahasiswa Psikologi dari 40 perguruan tinggi di Indonesia. Seru ya! Mahasiswa BINUS pun berhasil mendapatkan medali emas untuk tim Futsal dan medali perak untuk PsyGram!! Psssst…, tidak hanya berpartisipasi sebagai peserta, mahasiswa psikologi BINUS juga berperan aktif sebagai panitia yang membantu kelancaran terselanggaranya PsyScience lho! Aku bangga!! Berikut foto-foto keseruan PIPI 05 kemarin:

Hasil karya peserta PsyPhoto

 

Ruangan sudah siap untuk PsyScience

 

Para peserta PsyPaper menunggu giliran presentasi

 

Pare peserta PsyPoster menjelaskan isi posternya

 

Persiapan untuk PsyClimbing

 

Peserta PsyDebate yang sedang berdebat

 

Nah, ini dia mahasiswa kita yang berhasil membawa pulang medali emas dan perak:

Tim Futsal Psikologi BINUS yang berhasil membawa pulang medali emas. Keren!

 

Fakhirah Aprilia mahasiswa psikologi kita yang membawa pulang medali perak untung cabang PsyGram

 

Sebagian mahasiswa psikologi BINUS yang ikut kepantiaan PsyScience (sisanya udah ngejar kereta pulang!)

 

Selamat bagi para pemenang dan terima kasih kami ucapkan bagi semua peserta mahasiswa Psikologi BINUS yang telah berpartisipasi. Ayo yang belum berhasil, kita coba lagi di lomba selanjutnya! Pokoknya saya sangat bangga dengan keberanian kalian semua! Tetap semangat!!

FARAH MUTIASARI DJALAL