Sertifikasi PFA untuk calon sarjana Psikologi

Selain pintar dan pernah magang, lulusan psikologi BINUS punya keahlian apa lagi? PFA!!

Apa itu PFA? PFA yang merupakan singkatan dari Psychological First Aid atau Bantuan Psikologis Awal adalah sebuah intervensi psikologis singkat, praktis, dan fleksibel yang berupa pemberian bantuan kepada individu, keluarga, dan masyarakat yang menderita karena baru saja mengalami peristiwa krisis, keadaan darurat, atau bencana.

Layaknya bantuan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) untuk mengurangi ketidaknyamanan tubuh karena luka fisik, PFA adalah pertolongan pertama untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan karena reaksi emosi dan pikiran setelah mengalami peristiwa stress tinggi (traumatis).

Nah, khusus untuk mahasiswa yang ‘berhasil lolos’ sidang skripsi, sebelum menjadi sarjana, mereka dibekali kemampuan untuk memberikan PFA. Mereka diberikan pelatihan selama dua hari penuh untuk mendapatkan sertifikasi agar bisa melakukan dan mengajarkan PFA kepada orang lain. Seperti apa pelatihannya?

Pelatihan dimulai pukul 09.00 pagi dan berakhir sekitar pukul 17.00. Dihari pertama, para peserta dibekali dengan pengenalan konsep PFA dan kegunaannya. Beberapa aktivitas juga dilakukan, seperti latihan mendengar aktif dan latihan mengidentifikasi kasus-kasus yang membutuhkan PFA. Dihari kedua, peserta lebih banyak melakukan aktivitas seperti bermain peran, latihan paraphrasing, latihan nafas, dan lain-lain. Semua dilakukan dengan antusias oleh para peserta. Seru pokoknya!

Keseruan saat pelatihan PFA

Di akhir sesi, para peserta semakin paham dan semakin percaya diri untuk dapat memberikan PFA bagi orang-orang yang membutuhkan. Kami sebagai fasilitator juga menyarankan bahwa keahlian memberikan PFA akan semakin baik sejalan dengan semakin banyaknya pengalaman yang dimiliki. Yang terpenting adalah, selain mereka memiliki kompetensi yang matang sebagai sarjana Psikologi, mereka juga memiliki kemampuan, bahkan bersertifikat, untuk membantu sesama dalam ranah psikologis. Semoga pelatihan ini berguna bagi mereka dan bagi orang-orang di sekitar mereka.

What a great closure!

PS: Jika pembaca ingin tahu lebih lanjut mengenai PFA, silahkan hubungi jurusan Psikologi BINUS, atau HIMPSI Jaya bagian Layanan Psikososial Indonesia.

FARAH MUTIASARI DJALAL