Tahun 2019 ini, kami, jurusan Psikologi, dibanjiri banyaknya mahasiswa baru. Berdasarkan data, jumlah penerimaan mahasiswa baru jurusan Psikologi tahun 2019 ini menempati jumlah terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Yeay jurusan kami laku keras!

Semua mahasiswa yang diterima di universitas BINUS harus mengikuti program mahasiswa baru yang disebut Freshmen Enrichment Program (FEP). Beberapa kegiatan pengenalan kampus dilakukan bersama para senior, misalnya mengenalkan berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada, mengenalkan sistem yang ada di universitas (Binus Maya), pengenalan visi dan misi universitas, dan sebagainya. Selain itu, ada kegiatan lain yang dipersiapkan oleh masing-masing jurusan untuk mengenalkan jurusannya, termasuk memperkenalkan kurikulum dan perkuliahan. Kegiatan ini disebut sebagai Academic Orientation (AO).

AO tahun ini berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 2 September hingga 11 September. Program AO 2019 ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa baru tentang ilmu Psikologi secara umum serta mempersiapkan mahasiswa untuk dapat belajar secara efektif dan mampu melakukan penelitian dalam bidang Psikologi. AO tahun ini didesain tidak hanya untuk mempersiapkan mahasiswa dalam bidang akademik, tapi juga agar mahasiswa dapat mengenali cara-cara belajar efektif dan sehingga bisa survive kuliah di jurusan Psikologi.

Foto keseruan mahasiswa baru saat berkenalan dengan beberapa dosen Psikologi

Tiga belas pertemuan dipersiapkan dengan materi yang mencakup tiga kategori besar: (1) Kurikulum dan perkuliahan di Psikologi (pengenalan jurusan Psikologi, perkenalan dengan Academic Advisory); (2) Kuliah mini, yaitu pengenalan atau “icip-icip” kuliah-kuliah penting yang akan mereka dapat di perkuliahan nanti (antara lain seperti metode penelitian psikologi, statistik); (3) Survival kit, yaitu mahasiswa dibekali kemampuan-kempuan untuk bisa memaksimalkan proses belajar (e.g., cara belajar efektif, mengenali diri sendiri, cara menulis ilmiah, public speaking dan presentasi). Fokus utama dalam kuliah ini adalah mempersiapkan mahasiswa untuk dapat kuliah dengan maksimal di jurusan Psikologi BINUS selama 4 tahun ke depan.

Mudah-mudahan perkuliahan kalian lancar ya!

Dan sekali lagi, selamat datang di BINUS!!