Psikologi Binus Menerima Mahasiswa Magang dari Ghent University, Belgia

Pada hari ini, 16 September 2019, telah dilakukan kegiatan welcome session bagi mahasiswa dari Gent University Belgia yang saat ini sedang melakukan kegiatan riset magang di Jurusan Psikologi Binus Universty. Di tahun ajaran 2019-2020 ini, Jurusan Psikologi Binus University Jakarta dan Fakultas Psikologi Ghent University Belgia berkolaborasi dalam bidang akademik berupa kegiatan pembimbingan riset magang bagi mahasiswa tingkat S2 (master). Fakultas Psikologi Ghent University Belgia memiliki program tahunan yang harus dijalani mahasiwa S2-nya berupa riset magang di negara-negara luar Belgia. Para mahasiswa diberikan pilihan negara-negara tujuan riset magang, seperti Cina, Afrika Selatan, dan juga Indonesia.
Mulai tahun ini, Indonesia menjadi salah satu tujuan tempat riset magang, sebagai tindak lanjut dari kolaborasi akademik berupa pelaksanaan riset yang sudah berjalan dengan baik antara dosen psikologi Binus University dan Professor dari Ghent University di tahun-tahun sebelumnya.
Sebagaimana diketahui, salah satu dosen psikologi Binus University yaitu Muhamad Nanang Suprayogi, Ph.D dulu menyelesaikan pendidikan S3 dan post doctoralnya di Ghent University. Karena itu, kemudian professor dari Gent University, Prof. Dr. Martin Valcke menawarkan kerjasama lebih lanjut berupa kegiatan riset magang. Prof Martin dan meminta Nanang Suprayogi, Ph.D untuk menjadi pembimbing riset bagi mahasiswanya.
Tawaran kerjasama tersebut merupakan kesempatan baik dalam rangka penguatan kerjasama yang selama ini sudah terjalin. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan berlanjut untuk kegiatan akademik yang lebih luas.
Kegiatan riset magang ini berlangsung dari mulai tanggal 16 September hingga 22 November 2019. Ada dua mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini yaitu Jorien dan Maya. Riset yang dilakukan terkait dengan pelaksanaan pendekatan mengajar Differentiated Instruction di sekolah. Dalam kegiatan riset magang ini, mereka akan meneliti pendekatan Differentiated Instruction yang cocok untuk diterapkan di sekolah di Indonesia. Mereka juga akan melihat pelaksanaan Differentiated Instruction yang selama ini telah dilakukan di sekolah-sekolah di Belgia yang dapat di adaptasi di sekolah di Indonesia.
Dalam kegiatan magang ini, mereka juga akan memberikan presentasi kepada mahasiswa psikologi Binus university tentang metode riset dan pelaksanaan riset yang sedang mereka jalani di Indonesia.
Selamat mengikuti riset magang di Binus Jorien & Maya.