SEMESTER BARU SEMANGAT BARU: TIPS MENJAGA SEMANGAT

Semester baru akan segera tiba. Tepatnya tanggal 16 September 2019, pertemuan pertama kuliah periode Ganjil 2019/2020 dimulai pertama kalinya. Awal semester, biasanya semangat masih sangat membara. Yang menjadi tantangan biasanya adalah bagaimana menjaga semangat membara ini selama satu semester utuh? Tulisan ini akan memberikan beberapa tips untuk menjaga semangat selama satu semester.

  1. PAHAMI GOAL ANDA.

Menurut Dr. Edwin Locke, goal yang jelas dan tepat akan membantu terjaganya motivasi. Lebih lanjut, goal yang ditetapkan hendaknya memenuhi beberapa prinsip berikut ini: Clarity, Challege, Commitment, Feedback, dan Task complexity (Locke’s Goal Setting Theory: Understanding SMART Goal Setting, n.d.). Pertama, clarity, artinya goal yang ditetapkan harus jelas. Oleh karena itu, goal yang baik harus SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time-bound). Jangan lupa, selalu masukan misi personal anda supaya lebih lebih jelas tujuan Anda tersebut. Selain itu, pikirkan juga bagaimana anda akan mengukur kesuksesan atas goal yang dibuat.

  1. HIGHER YOUR PURPOSE

Susan Fowler dalam bukunya yang ditulis berdasarkan riset bertahun-tahun mengatakan bahwa pada dasarnya semua orang sudah termotivasi. Hanya saja, ada motivasi yang sudah optimal sehingga berkelanjutan, namun ada yang masih suboptimal. Motivasi yang optimal ini biasanya adalah motivasi yang linear dengan nilai dan tujuan hidup, sehingga sifatnya berkelanjutan, berbeda dengan yang hanya didasari oleh hal-hal yang sifatnya karena paksaan, karena ingin mendapatkan reward, atau sekedar karena merasa bersalah. Jadi, temukan your BIG WHY? Kenapa musti semangat menjalani semester ini dengan sebaik-baiknya? Apa tujuan besarnya? Mengapa? Ini yang akan membantu motivasi Anda menjadi lebih sustainable. (Fowler, 2014)

  1. KELILINGI DIRI DENGAN ORANG-ORANG YANG POSITIF DAN PENUH ANTUSIAS

Banyak kata-kata bijak yang sering kita dengar, dua diantaranya: “Nyanding Kebo Gupak” (Jawa, yang artinya dekat-dekat dengan kerbau akan ikut kotor); “Bergaul dengan penjual minyak wangi akan memberimu wangi”. Keduanya memberikan hikmah yang sama yakni, kita akan terpengaruh dengan siapa kita bergaul. Oleh karena itu, tips nomor 3 ini jelas, yakni kelilingi diri dengan lingkungan yang positif. Memilih-milih itu perlu, dalam rangka menjaga diri kita atas sesuatu yang baik. Memilih-milih bukan berarti kita membeda-bedakan atau melakukan diskriminasi lho! Memilih-milih dalam hal ini adalah memberikan prioritas atas diri, waktu, tenaga dan juga menjaga sekitar kita dengan yang memang linear dengan tujuan dan big why kita.

  1. JAGA TUBUH

Mens sana in corpore sano. Didalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang sehat. Frasa Latin ini memang benar adanya, karena tubuh yang sehat diperlukan agar kita secara psikologis juga sehat dan tentu saja tetap bersemangat. Oleh karena itu, selama satu semester ini, olahraga rutin harus dimasukkan dalam rutinitas. Olahraga yang disarankan minimal 150 menit/minggu, untuk bisa dikatakan aktif dalam kategori sedang. Tidak punya waktu untuk olahraga? Coba pikirkan lagi, dalam satu hari kita punya 1440 menit dan dalam satu minggu kita punya 10080 menit. Apa iya setidakpunya waktu itu untuk menyisihkan 150 menit saja setiap minggunya?

Demikianlah empat tips yang bisa dibagi kali ini. Hanya empat, namun jika dilakukan, akan membantu kita menjaga semangat selalu, khusunya selama satu semester ini. Are you ready, guys?

 

Bibliography

Fowler, S. (2014). Why Motivating People Doesn’t Work . . . and What Does: The New Science of Leading, Energizing, and Engaging. Retrieved 9 2, 2019, from https://amazon.com/motivating-people-doesnt-work-what/dp/1626569452

Locke’s Goal Setting Theory: Understanding SMART Goal Setting. (n.d.). Retrieved 9 2, 2019, from http://www.mindtools.com/pages/article/newHTE_87.htm

Anggita