Program Minor: Mengintip (sedikit) Kurikulum Psikologi BINUS

Tidak ada yang dapat memungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat memiliki dampak besar dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi dan perkembangan kehidupan manusia tidak berjalan satu pihak, perkembangan teknologi tidak semata dikendalikan oleh perkembangan manusia, namun juga sebaliknya, manusia pun dituntut untuk beradaptasi seiring dengan perkembangan teknologi. Revolusi Industri 4.0, Education 4.0, Society 5.0 merupakan segelintir istilah yang menggambarkan reaksi masyarakat dalam menghadapi perkembangan teknologi.

BINUS University pun turut menyadari kondisi tersebut. Berbagai strategi dan langkah disusun guna tidak hanya menjadi institusi yang adaptif namun juga dapat memfasilitasi serta menyiapkan seluruh mahasiswa untuk siap menghadapi perubahan. Salah satunya adalah dengan merombak kembali kurikulum pendidikannya. Jurusan Psikologi pun turut serta dalam langkah ini. Selain menyusun kembali mata kuliah dan distribusinya, Jurusan Psikologi bersama 3 jurusan lain (Sistem Informasi, Manajemen, dan Hukum) bersinergi menyusun sebuah program Minor untuk mahasiswa tingkat Sarjana.

Program Minor yang disusun bertajuk Human Capital in Digital Workplace (HCiDW). Program yang berfokus pada perkembangan sumber daya manusia tersebut dirancang karena atas kesadaran mengenai pentingnya menyiapkan individu yang memahami berbagai bentuk ekosistem atau lingkungan kerja digital, juga mampu menyusun serangkaian strategi guna membantu institusi atau kelompok kerja manapun untuk bisa berkolaborasi serta meningkatkan kinerjanya dengan memanfaatkan teknologi. Jurusan Psikologi menjadi penanggung jawab dalam program tersebut, yang artinya penekanan terbesar di dalamnya ada pada aspek manusianya. Teknologi dan sistem menjadi hal yang bersifat kontekstual, menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan manusianya.

Program Minor ini dirancang untuk kurikulum 2020. Itu artinya, akan berlaku bagi mahasiswa yang masuk di tahun 2020. Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan bahwa mahasiswa satu tingkat di atasnya akan juga dapat mengambilnya. Selain HCiDW, ada program minor lainnya yang juga tengah disusun oleh tim lintas jurusan. Terlepas dari jurusan penyusunnya, berbagai program minor tersebut kemungkinan besar akan dapat diambil oleh mahasiswa dari jurusan manapun di BINUS University. Program minor menjadi satu dari 3 program mata kuliah pilihan yang akan dapat diambil mahasiswa, dua lainnya adalah program peminatan internal jurusan dan pilihan bebas (ambil mata kuliah jurusan lain). Ketiganya merupakan satu tahapan langkah Jurusan Psikologi, dan seluruh jurusan di BINUS University agar mahasiswa dapat terbiasa berkolaborasi dengan berbagai bidang ilmu, sehingga lebih siap dan adaptif dalam menghadapi perkembangan masyarakat dan dunia.