Uji Publik Rencana Riset Strategis (RSP) Binus University 2020-2024

Pada hari Rabu 10 Juli 2019. Binus University melakukan kegiatan penting berupa Uji publik Rencana Strategis Penelitian (RSP) Binus University 2020-2024. Uji publik dilakukan oleh pakar-pakar dalam bidangnya masing-masing diantaranya yaitu: Maxensius Tri Sambodo Ph.D utusan dari LIPI, Brigjen TNI Rasidin utusan dari Balitbang Kemhan, Hoerudin Ph.D utusan dari Balitbang Kemtan, Frans Tegus utusan dari kemenbudpar, Rene Pattiradjawane utusan dari center of Chinese studies, Dr. Hanny Rono Sulistiyo utusan dari (komisi akreditasi Rumah Sakit) KARS, Muhamad Kamaludin utusan dari JakartaMRT, Jefri Butarbutar dari APINDO research institute, dan Joegianto utusan dari polytron, termasuk Mr. Voon Ye Hoo dari Singapura.

Ada delapan bidang kajian riset yang diprioritaskan yaitu: 1. Bidang Ketahanan Pangan, Pangan Fungsional, dan Pertanian; 2. Bidang Konservasi Energi dan Energi Terbarukan; 3. Bidang Transportasi; 4. Bidang kesehatan; 5. Bidang Produk Rekayasa Keteknikan; 6. Bidang Pertahanan dan Keamanan; Bidang Kemaritiman; dan 8. Bidang Sosial Humaniora. Bidang-bidang kajian riset tersebut diselaraskan dengan bidang kajian riset Strategis Nasional.

Masing-masing dari dewan penguji memberikan masukan-masukan yang penting guna memperkuat dan mempertajam RSP Binus University 2020-2024. Tentu agar RSP selama lima tahun kedepan relevan dan sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang.

Bapak Rektor Binus University, Prof. Dr. Harjanto Prabowo sangat mengapresiasi kegiatan penting ini. Beliau menekankan saat ini masih terasa gap antara dunia Pendidikan dengan kebutuhan pasar / industri di masyarakat. Apa yang diberikan di sekolah dan kampus-kampus belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan di masyarakat. Karena itu penyambungan gap ini harus dilakukan dengan serius, seperti diantaranya dengan pengajaran dan penguasaan industri 4.0 di sekolah dan kampus-kampus. Pembuatan star up-star up baru menjadi tak terelakkan. Beliau ingin agar semua bidang kajian riset harus diselaraskan dengan perkembangan pesat dari tehnologi industry 4.0.

Dalam kesempatan ini salah satu Faculty member dari jurusan psikologi yaitu M.Nanang Suprayogi, Ph.D ikut terlibat aktif sebagai salah satu tim perumus riset strategis untuk lima tahun kedepan. FM psikologi tersebut berperan sebagai ketua tim bidang kajian Riset kesehatan.

Sekarang ini sebenarnya kita masih berada di tahun 2019, namun persiapan riset untuk tahun 2020 hingga 2024 sudah dipersiapkan dengan serius. Ini tentu untuk memberikan yang terbaik untuk membina nusantara, sesuai dengan nama kampus tercinta, Universitas BINA NUSANTARA.