Angkringan Ramadhan Humaniora 4.0

Halo halo! Karena ini adalah tulisan pertama setelah merayakan lebaran, bagi yang merayakan, saya ucapkan Selamat Idul Fitri, maafin saya lahir dan batin ya. Karena masih dalam suasana lebaran (baca: bulan Syawal), kali ini saya akan menceritakan keseruan yang terjadi di Fakultas Humaniora bulan puasa lalu. Kami mengadakan serangkaian acara seru yang kami namakan Angkiran Ramadhan 4.0. Serangkaian acara yang terjadi antara lain: garage sale, buka puasa bersama Humaniora, dan penjualan sembako murah. Tema angkringan kali ini adalah empowering masyarakat sekitaran BINUS Kijang. Yang pasti, semuanya seru!

Rangkaian acara pertama yang dilaksanakan adalah garage sale (17-18 Mei 2019), dimana para karyawan Fakultas Humaniora menyumbangkan pakaian-layak-tak-terpakainya untuk dijual kembali kepada warga sekitar dengan harga miring! Hasil penjualan garage sale ini kemudian digunakan untuk membeli paket-paket sembako.

Para warga berburu di garage sale

 

Acara yang kedua, adalah acara utama yang melibatkan seluruh civitas Fakultas Humaniora, yaitu buka puasa Bersama!! Acara ini berlangsung pada hari Jumat, 24 Mei 2019 lalu. Selain makan dan minum bareng, saat itu terdapat juga persembahan-persembahan kreativitas dari civitas fakultas, antara lain ada persembahan puisi, nyanyi bersama, drama, hingga tausiah. Semua persembahan adalah dari kami untuk kami. Makanan yang tersedia pun luar biasa enaknya, ada soto Semarang, gorengan, sate, hingga cendol! Mantuuul!

 

Saat acara buka puasa bersama berlangsung

 

Cendol sedang dalam persiapan dan jambu dari hasil kebun Humaniora

 

Rangkaian acara yang terkahir adalah penjualan sembako murah. Maksudnya murah? Dari hasil penjualan garage sale dan sumbangan para civitas Humaniora, kami berhasil membeli 100 paket sembako yang terdiri dari beberapa barang (e.g., minyak gorang, gula, terigu, dll.) yang totalnya seharga 50 ribu rupiah. Namun, kami menjual paket-paket tersebut ke masyarakat yang tinggal di sekitaran BINUS Kijang dengan harga 25 ribu rupiah saja! Alhamdulillah laku keras!

100 paket sembako siap untuk dijual

 

Saat warga mengantri untuk membeli sembako

 

Nah, demikianlah keseruan kami sebagai Fakultas Humaniora saat bulan Ramadhan kemarin. Semoga kami bisa sering-sering memiliki kegiatan bersama yang seru dan semoga cerita kami bisa bermanfaat dan menginsiprasi kalian untuk berbagi dengan masyarakat sekitar BINUS.

FARAH MUTIASARI DJALAL