Bersiap Mendamping Mahasiswa Baru

Tidak terasa, semester genap periode 2018/2019 akan selesai. Semester Pendek akan datang, bagi yang mengambilnya. Dan, para mahasiswa tahun terakhir akan memasuki masa enrichment yang kedua. Lalu, mahasiswa baru masuk. Angkatan baru, wajah baru, semangat baru akan mulai menghiasi kampus BINUS.Jurusan Psikologi, bersama seluruh jurusan lainnya di BINUS, sudah mempersiapkan diri untuk menyambut para mahasiswa baru. Di koordinasi dengan tim di universitas tentunya. Akhir Juli akan menjadi awal penyambutan.

Persiapannya sudah dimulai berbulan-bulan sebelumnya. Salah satunya adalah perekrutan dan seleksi mahasiswa untui menjadi pendamping mahasiswa baru, baik sebagai Freshmen Leader saat orientasi sebelum perkuliahan maupun Freshmen Partner saat mahasiswa baru menjalani perkuliahan di satu tahun pertamanya. Oh iya.. tidak salah baca, satu tahun. Oleh karena itu, dibutuhkan mahasiswa senior yang tidak hanya tangguh di akademis, namun juga di manajemen diri maupun komunikasi.

Dari banyaknya mahasiswa yang mendaftarkan diri, terpilih 20 mahasiswa Psikologi untuk menjadi pendamping para mahasiswa baru semester ganjil besok. Mereka akan membantu universitas dan jurusan dalam setiap kegiatan mahasiswa baru. Mulai dari General Orientation, lalu disambung Academic Orientation, hingga program satu tahun pertama. Dengan berbagai cara yang asyik, mereka akan membantu mahasiswa baru untuk bisa dengan cepat beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan.

Di General Orientation, mereka akan mendampingi para mahasiswa baru untuk memahami dan mulai terbiasa dengan berbagai sistem maupun peraturan yang berlaku di BINUS secara umum. Setelah itu, masuk ke Academic Orientation, yang membawa mahasiswa baru untuk mengenali Jurusan Psikologi secara spesifik. Baik tim pengajar, kurikulum, termasuk simulasi penugasan. Lalu selama satu tahun, mereka akan mendampingi mahasiswa baru bersama dosen pembimbing akademis.

Sudah tidak sabar…