Salah satu syarat kompetensi yang harus dikuasi mahasiswa setelah “LULUS” sebagai Sarjana Psikologi yakni mampu melakukan observasi dan wawancara. Guna mengasah keterampilan mahasiswa untuk melakukan observasi dan wawancara. Maka, Jurusan Psikologi secara khusus memberikan matakuliah Metode Observasi dan Wawancara yang diampuh oleh mahasiswa pada semester 3.

Pada matakuliah ini, mahasiswa akan dibagi menjadi 6-7 kelompok serta diberi tugas akhir untuk membuat laporan sesuai fenomena yang ditemukan. guna menemukan fenomena tersebut, setiap kelompok harus melakukan kunjungan ke yayasan/sekolah/panti sosial yang telah ditentukan oleh Jurusan. Pada semester ganjil yang lalu, mahasiswa melakukan kunjungan ke 6 lokasi yakni (1). Panti Sosial Bina Laras, (2). Panti Sosial Bina Karya Wanita, (3). Yayasan Cinta Anak Bangsa, (4). Rumah Harapan Indonesia, (5). SD Pantara dan (6) RPTRA Manggis – Kemanggisan.

Setelah melakukan kunjungan observasi dan wawancara. Maka, setiap kelompok diwajibkan membuat laporan tugas akhir. Selain itu, kelompok juga diminta menyusun laporan dalam bentuk poster yang akan diserahkan ke Yayasan, Sekolah, atau Panti Sosial yang telah dikunjungi oleh para kelompok mahasiswa.