People Innovation Excellence

“Kunjungan Observasi dan Wawancara”

Salah satu syarat kompetensi yang harus dikuasi mahasiswa setelah “LULUS” sebagai Sarjana Psikologi yakni mampu melakukan observasi dan wawancara. Guna mengasah keterampilan mahasiswa untuk melakukan observasi dan wawancara. Maka, Jurusan Psikologi secara khusus memberikan matakuliah Metode Observasi dan Wawancara yang diampuh oleh mahasiswa pada semester 3.

Pada matakuliah ini, mahasiswa akan dibagi menjadi 6-7 kelompok serta diberi tugas akhir untuk membuat laporan sesuai fenomena yang ditemukan. guna menemukan fenomena tersebut, setiap kelompok harus melakukan kunjungan ke yayasan/sekolah/panti sosial yang telah ditentukan oleh Jurusan. Pada semester ganjil yang lalu, mahasiswa melakukan kunjungan ke 6 lokasi yakni (1). Panti Sosial Bina Laras, (2). Panti Sosial Bina Karya Wanita, (3). Yayasan Cinta Anak Bangsa, (4). Rumah Harapan Indonesia, (5). SD Pantara dan (6) RPTRA Manggis – Kemanggisan.

Setelah melakukan kunjungan observasi dan wawancara. Maka, setiap kelompok diwajibkan membuat laporan tugas akhir. Selain itu, kelompok juga diminta menyusun laporan dalam bentuk poster yang akan diserahkan ke Yayasan, Sekolah, atau Panti Sosial yang telah dikunjungi oleh para kelompok mahasiswa.



Published at : Updated
Written By
Budi Sulaeman, M.Psi., Psikolog.
Lecturer & Practicum Laboratorium Coordinator | BINUS University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close