Refleksi Radikal Calvin O.Schrag

Calvin O. Schrag (gambar dari https://www.youtube.com/watch?v=t_8ZuRh_U2Q)

Calvin O. Schrag adalah Professor of Philosophy Emeritus dari Universitas Purdue.Pendiri European Philosophy Review filosofis. Lahir pada tanggal 4 Mei 1928, di Marion, Dakota Selatan, Amerika. PendidikanUniversitas Harvard (1957).

Dalam bukunya radical Reflection: an the Origin of the Human Sciences. Refleksi radikal adalah sebuah protofilosophy  karena fokus pada pemahaman pre-philosophical dan pre-scientific yang mengandung teoriteori murni. Refleksi radikal akan menjadi sebuah refleksi tentang originary experience. Termasuk praxis kehidupan dan existential passion. Tujuannya adalah menjadi unified metholodology bagi banyak ilmu manusia. Metode ini merupakan pertanyaan tentang asal muasal yang menyentuh  pengalaman dunia yang pre-scientific dan pre-philosophical,  mengenai pengetahuan dan value. Pendekatan ini sudah dikembangkan Sokrates di Yunani, namun pendekatan ini lenyap karena perhatian  lebih pada masalah ciri penelitian ilmiah, aturan penyimpulan, verifikasi, dan bebas nilai.

Refleksi  radikal bertujuan untuk berbicara tentang ciri-ciri umum pengetahuan manusia tentang dirinya sebagaimana dikembangkan Sokrates dan Kant. Intinya adalah mengenai pemahaman manusia atas dirinya dalam konteks pengalaman originary (bukan tentang human nature). Menurut Max Scheler, ada hirarki antara nature, mind, dan spirit. Intuisi dapat mengambil fungsi rasio untuk memahami esensi roh. Begitu juga dengan fellow-feeling  yang dimiliki oleh makhluk hidup setingkat hewan dan manusia. Radicalization of knowledge membawa kita ke primordial world of prephilosophical comprehension dan menolak pemikiran kategorial dan kalkulatif dalam filsafat dan ilmu. Radikalisasi pengetahuan menghasilkan originary experience  tentang asal usul pengetahuan ilmiah dan filosofis tentang manusia. Sedangkan filsafat barat  fokus pada subjektivitas dan self-reflexive consciousness sebagai dasar epistemologi dan metafisik.

Referensi

Schrag (1980),  Radical Reflection: an the Origin of the Human Sciences. Indiana: Purdue University Press.