P2M di SMA PKM Bina Bangsa School

Pada hari Jumat, 13 April 2018, Psikologi BINUS University memperoleh kesempatan untuk mengisi seminar bagi siswi SMP & SMA Bina Bangsa yang dibawakan oleh Ibu Esther Widhi Andangsari. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Pengabdian terhadap Masyarakat (P2M) dengan tema yang diangkat “Loving Wisely : Making Responsible Decision”. Seminar dilaksanakan di aula sekolah Bina Bangsa dengan jumlah siswi yang hadir 86 orang dan 10 guru pendamping. Seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman akan bahaya sex di era digital zaman kini.

Kegiatan dimulai pukul 06.30 WIB dengan perkenalan dan profil pembicara oleh moderator kemudian dilanjutkan dengan doa. Setelah itu, Ibu Esther mulai menyampaikan materi seminar. Materi yang dibawakan mengenai pubertas pada remaja saat ini hingga perilaku remaja dan bahaya dalam menggunakan media sosial saat ini. Pada awal pembahasan beberapa kali pembicara memberikan pertanyaan kepada peserta namun respon mereka kurang aktif dan cenderung malu-malu. Sehingga pembicara mencari alternatif lain dengan meminta mereka untuk menuliskan jawaban di post it mengenai pubertas. Respon yang diberikan peserta lebih antusias dan terbuka dalam menjawab.

Diakhir sesi materi, pembicara memberikan self assessment about sex online experience. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dimana pertanyaan dipilih dari email-email yang sudah dikirimkan oleh siswi dan  dibacakan oleh moderator. Kegiatan ditutup pukul 08.00 WIB dengan penyerahan cendramata kepada pembicara. Secara keseluruhan peserta cukup tertarik dengan materi yang disampaikan hanya kurang aktif selama sesi berlangsung.