Ayo bantu berpartisipasi, supaya tidak ketinggalan dari bahasa lain!

Seperti telah saya beberkan dalam tulisan saya sebelumnya bahwa saya sedang melakukan penelitian tentang Asosiasi Kata (word association). Penelitian ini bertujuan untuk membuat jejaring kata layaknya dalam mental dictionary yang bentuknya akan berupa seperti jaring neuron di otak. Berbeda dengan buku kamus, kami akan menggunakan asosiasi kata untuk mempelajari arti kata dan kata-kata apa saja yang tersentralisasi dalam pikiran manusia.

Karena saya membutuhkan 100.000 partisipan sebagai data, mohon bantuannya untuk disebarkan kepada siapapun yang fasih berbahasa Indonesia tanpa batasan usia (yang penting bisa memahami instruksi penelitian dan bisa menggunakan digital device seperti komputer, laptop, atau smartphone). Setiap orang bisa mengerjakan survey ini lebih dari satu kali lho, karena akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda-beda setiap kalinya.

Karena penelitian ini juga dilakukan dalam beberapa Bahasa lain, ayo jangan mau kalah dengan jumlah partisipan yang sudah terkumpul dalam bahasa lainnya. Sejauh ini, kita masih menduduki peringkat ke-9 dari 14 bahasa, dengan jumlah 2.159 orang partisipan; dimana Bahasa English masih menduduki tempat pertama dengan jumlah 129.403, disusul dengan Bahasa Belanda dengan jumlah 113.894 partisipan. Persis di atas kita adalah Bahasa Italia, dengan jumlah partisipan 4.028.

Silahkan lihat jumlah partisipan yang terkumpul sejauh ini (sumber: https://smallworldofwords.org/en/project/stats):

Jumlah partisipan dalam setiap bahasa yang terhitung hingga tanggal 28 November 2018

 

Ayo bantu berpartisipasi dengan meng-klik link berikut: https://smallworldofwords.org/id dan sebarkan linknya!

Terima kasih banyak ya!

Farah Mutiasari Djalal, Ph.D