Berikut ini adalah kisah yang dikemukakan Merike Mindosari (BINUSIAN 2019). Semoga menginspirasi BINUSIAN lainnya!

“Yayasan Sukarelawan Siswa (YSS) adalah suatu organisasi dibawah naungan Kementerian Pendidikan Malaysia yang memiliki visi misi untuk membantu setiap daerah yang membutuhkan, dengan harapan ada dampak yang tinggi bagi daerah tersebut.

Bermula dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) ‘Merajut Nusantara‘ pada bulan Februari 2018 lalu, lebih dari 20 perguruan tinggi di wilayah Kopertis III menjalani KKN dan menjalin kerja sama dengan YSS. Pihak YSS mengirimkan volunteer dan bergabung dengan mahasiswa/i Indonesia. Setelah selesai menjalani KKN, pihak YSS berencana mengajak kembali beberapa mahasiswa yang lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan volunteer mission berikutnya. Pendaftaran dibuka akhir bulan Juni 2018. Info tersebut di sampaikan oleh Teach for Indonesia (TFI) di BINUS University.

Setelah selesai tahap seleksi, saya menjalani pelatihan persiapan di kantor Kopertis III untuk menyiapkan bekal pengetahuan dan penampilan tarian. Misi ini bergabung dengan 10 negara ASEAN (Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Republik Demokratik Rakyat Laos, Indonesia, Filipina, Singapura) dan  China, berjalan dari tanggal 4 Juli-21 Juli 2018. Semua mahasiswa dari negara tersebut berkumpul di Kuala Lumpur, Malaysia untuk mendapat Pre Departure Training.

Saya bergabung dengan Education Cluster, karena memiliki pengalaman pada saat KKN dan saya dapat menerapkan Psikologi dalam setiap kegiatannya. Setelah kegiatan ini berakhir akan ada post mission, saya harus mempresentasikan impact pada daerah tersebut dan laporan kegiatan yang dibuat setiap hari.”