Helping Skill Relationship

Pada hari Jumat, 9 Maret 2018, Psikologi Binus Universitas memperoleh kesempatan untuk mengisi workshop yang ditujukan bagi guru-guru di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak bangsa (RBCAB). Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu bentuk kegiatan Pengabdian terhadap Masyarakat (P2M). Tema workshop yakni “Helping Skill Relationship”. Workshop ini dilaksanakan di Kampus Kijang, BINUS University dan terbagi dalam dua ruang kelas yakni C203 dan C204. Masing-masing kelas berisi 12 guru-guru RBCAB dan 3 fasilatator yang merupakan Dosen Psikologi BINUS. Sasaran yang diharapkan setelah mengikuti workshop ini, diharapkan para guru dapat mengetahui cara yang tepat dalam menghadapi dan menanggapi permasalahan siswa, baik permasalahan disekolah maupun permasalahan lainnya.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan fasilitator dan co-fasilitator, setelahnya peserta diajak untuk bermain ice breaking. Bentuk ice breaking yang dimainkan adalah lempar bola dimana para peserta akan secara bergantian melempar bola dan orang yang mendapatkan bola harus menyebutkan nama dan keunikan dirinya. Setelah itu, Fasilitator ruang C203 yang terdiri atas Ibu Farah, Pak Yan Andre dan Ibu Anggita menyampaikan materi workshop. Hal yang sama dilakukan di ruang C204, 3 fasilitator yakni Ibu Priscilia, Ibu Evi dan Pak Budi menyampaikan materi workshop. Muatan materi yang disampaikan tidak hanya memberi pengetahuan mengenai konseling dan aspek-aspek yang harus dimiliki untuk menjadi konselor yang baik. Namun demikian, dalam pelaksanaan para peserta diminta untuk melakukan berbagai latihan yang telah disiapkan oleh fasilitator serta dilaksanakan secara bersama di masing-masing kelas.

Para peserta seminar juga terlihat aktif dan tertarik dengan apa yg disampaikan oleh Fasilitator. Terjadi tanya jawab antara peserta dan fasilitator, fasilitator juga memberi hadiah kepada peserta yang memberikan jawaban terbaik saat sesi tanya jawab, terkadang diselingi candaan saat diskusi agar suasana lebih cair dan relax. Peserta juga diminta untuk mengerjakan GROWS (Goals, Reality, Option, Will, Support). Pendekatan GROWS diajarkan untuk membantu para guru RBCAB untuk memberikan coaching dalam upaya membantu anak mengetahui tahap demi tahap untuk mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Akhirnya, kegiatan workshop diakhiri pada pukul 16.30 WIB dan dilanjutkan dengan foto bersama antara peserta dan fasilitator di masing-masing kelas.

Budi Sulaeman