Pada 28 Februari 2018, Juneman Abraham hadir di Pullman Hotel Thamrin CBD, Jakarta, sebagai salah satu juri terhadap rencana kampanye online yang dirancang oleh 100 pelajar dari 10 sekolah terpilih. Ia mewakili Himpunan Psikologi Indonesia dan Jurusan Psikologi BINUS University, sedangkan tiga juri lainnya berasal dari Facebook Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Menurut rilis yang diterima, Facebook memiliki misi untuk memberdayakan masyarakat dalam membangun komunitas dan menjadikan dunia jauh lebih dekat. Pengguna Facebook di Indonesia terus tumbuh yang kini telah mencapai 115 juta. Sesuai dengan perkembangan ini, Facebook ingin terus memberdayakan penggunanya terutama generasi muda dalam membangun komunitas yang aman dan autentik.

Bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Do Something Indonesia, Facebook telah memberikan pelatihan literasi digital kepada 11.000 pelajar di 100 SMA di Jakarta. Program yang telah dijalankan selama enam bulan ini bertujuan untuk menambah keterampilan berpikir kritis dan menumbuhkan rasa empati generasi muda ketika menggunakan media sosial.

Dalam keterangan pers IDN Times, disebutkan bahwa dalam kegiatan ini peserta diajak untuk “Mempertanyakan empat hal sebelum akhirnya memposting konten yang dikonsumsinya. Pertama, apakah sumbernya terpercaya? Kedua, apakah kamu mengerti isinya? Ketiga, apakah ada sumber lainnya? Keempat, apakah ada konfirmasi dari orang yang mengerti isinya?”

Sebagai puncak dari program di atas, Facebook dan YCAB menyelenggarakan Think Before You Share – Campaign Day Out pada tanggal 27-28 Februari 2018. Dalam kegiatan ini, 100 pelajar terpilih yang merupakan generasi pemimpin di masa depan berkumpul dan merancang solusi dalam bentuk rencana kampanye online untuk menyelesaikan berbagai masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat yang kini sangat terhubung.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi foto dari penjurian tersebut: