Workshop Mengenal Diri Untuk Siswa-siswi Kejar Paket C

Pada 16 November 2017, dua orang dosen Jurusan Psikologi Rumpun Psikologi Komunitas, yaitu Juneman Abraham dan Rahmanto Kusendi Pratomo melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa, Jl. Sahardjo No. 42 Rt.002 Rw.07, Gg. Rambutan Kel. Manggarai Selatan Kec. Tebet Jakarta Selatan 12860.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa untuk meraih cita-citanya melalui langkah awal mengenal diri. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Konseling Cita-cita di Rumah Belajar YCAB yang sama pada semester lalu. Berdasarkan hasil konseling yang lalu, diketahui bahwa pengenalan diri merupakan langkah pertama implementasi pengembangan diri dalam rangka meraih cita-cita.

Pendekatan dasar yang digunakan adalah Konsep “AKU” (Ambisi, Kenyataan, Usaha). Fokusnya adalah siswa-siswi dilatih untuk mengenal kelebihan dan kekurangan dirinya dalam matriks AKU. Hasil yang diharapkan adalah agar siswa-siswi mengenali gejala “tidak tahu diri” dalam hidup sehari-hari, mengenali suara orang lain, mengenali hal yang ingin diraih oleh diri di masa depan, mengambil langkah yang perlu untuk menjadi diri sendiri, dan tidak membiarkan orang lain “mencuri” cita-cita dari dirinya sendiri.

Pelatihan ini menggunakan sarana ceramah dan tanya-jawab dalam kelompok kecil untuk menggali diri sendiri dan membantu teman untuk mengenal diri mereka.

 

Workshop “Know Yourself” for Students of Package C Learning Group at Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa

This Community Service Activity aims to help students to achieve their goals through the initial step of knowing his/herself. This activity is a follow up of the Counseling at the same YCAB Learning House. The basic approach used is the concept of “AKU” (Ambisi=Ambition, Kenyataan=Reality, Usaha=Effort). The focus is that students are trained to recognize their own strengths and weaknesses in AKU matrix. The expected outcome is that students recognize the symptoms of “not knowing themselves” in everyday’s life, recognizing the voices of others, recognizing what they want to achieve in the future, taking the necessary steps to be themselves, and not allowing others “steal” the ideals of him/herself. This training uses lecture and question-answer in small groups to dig up and help friends to get to know themselves.

 

Juneman Abraham