Selasa hingga Kamis, 21-23 November 2017, Jurusan Psikologi BINUS University menerima kedatangan Tim Penilai dari Badan Akreditasi Nasional. Kedatangan mereka merupakan proses penilaian lapangan dan pengecekan dokumen, sebagai salah satu proses dalam penilaian akreditasi program studi.

Di tahun 2014, Jurusan Psikologi mendapatkan Akreditasi B, yang artinya Baik. Walaupun demikian, nilai tersebut belum maksimal. Oleh karena itu, di pertengahan 2016, tim Jurusan Psikologi kembali berjuang menyusun dokumen-dokumen guna pengajuan kembali akreditasi program studi. Sekitar 8 bulan proses penyusunan dan revisinya berlangsung, hingga akhirnya berhasil menyelesaikan dan mengirimkannya di bulan Juli. Setelah 4 bulan menunggu dengan penuh harap, BAN-PT mengirimkan timnya untuk menilai.

Dr. Lena N. Pandjaitan, M.Ed., Psikolog dan Dr. Seger Handoyo, Psikolog menjadi tim penilai di tahun ini. Dibuka dengan doa oleh M. Nanang Suprayogi, dosen Jurusan Psikologi yang baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Belgia, kegiatan penilaian pun dimulai. Diskusi, pemeriksaan dokumen, wawancara dengan mahasiswa dan alumni, lalu wawancara dengan pengguna alumni, secara bertahap dilakukan dan diselesaikan dengan baik.

Bapak Iman H. Kartowisastro, Ph.D, selaku Vice Rector Academic Development & Provost, Bapak Dr. Jo Rumeser, Ibu Arthanami, dan seluruh perwakilan jurusan di Fakultas Humaniora dengan setia menemani Jurusan Psikologi. Begitu pula dengan semua Manager dan perwakilan dari setiap unit yang ada di BINUS University. Keberadaan mereka sangat membantu kelancaran proses visitasi ini.

Di akhir kegiatan, kedua penilai memberikan masukan bagi perkembangan Jurusan Psikologi. Keduanya melihat bahwa program yang ada di kurikulum sudah mumpuni untuk menerapkan visi dan misi Jurusan Psikologi, walaupun demikian perlu ditambahkan kegiatan-kegiatan lain untuk semakin memperlihatkan bahwa Psikologi BINUS itu benar-benar fokus pada penerapan keilmuan psikologi. Masukan yang sangat berharga dan membuat kami semakin optimis untuk terus berkembang.

Kegiatan visitasi pun selesai. Berita Acara sudah ditandatangani. Kedua penilai pun sudah kembali ke kota mereka. Para dosen, mahasiswa, alumni, dan Manager unit sudah kembali ke kegiatannya masing-masing. Kini, tinggal menunggu hasil. walaupun demikian, Jurusan Psikologi menjadi semakin optimis dalam berkarya membina para mahasiswa, dosen, dan turut membina Nusantara.

Terima kasih untuk semua pihak yang telah banyak membantu kami hingga saat ini, mari bersama kita membina Nusantara.