Siap Ujian Nasional Bersama Psikologi BINUS

 

Pada hari Jumat, 7 April 2017, Jurusan Psikologi BINUS University mengadakan kegiatan P2M di SMP Negeri 130 Jakarta Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi belajar siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Pembicara dalam kegiatan P2M ini adalah dosen dari jurusan Psikologi BINUS yaitu Bapak Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A dan Bapak Baydhowi, S.Psi., M.Si. Dalam kegiatan ini dosen juga didampingi oleh dua mahasiswa jurusan Psikologi BINUS yaitu Andhita Wardhani K & Dinda Aprilia.

Sebelum kegiatan ini dimulai, dosen dan mahasiswa pendamping disambut dengan baik oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 130 Jakarta Barat di ruang Kepala Sekolah. Di ruang tersebut kami melakukan briefing mengenai materi apa saja yang akan diberikan kepada siswa.

Acara dimulai pada pukul 07.09 Pagi di Lapangan sekolah dengan Materi Pembangunan karakter & Motivasi untuk siswa kelas 9 yang ingin menjalankan Ujian Nasional pada 2-5 Mei 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh 220 siswa dan guru-guru SMP 130 Jakarta Barat. Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Bapak Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A, pada sesi ini diawali dengan beliau menanyakan siswa bagaimana pendapat mereka tentang UN & memberikan ilustrasi tentang UN melalui cerita tentang seseorang yang menghadapi UN berdasarkan pengalamannya. Kemudian beliau membahas mengenai IQ dan EQ serta bagaimana EQ akan menunjang IQ yang akan membantu seseorang menjadi sukses. Pada sesi selanjutnya, beliau memberikan sebuah games kepada siswa. Dimana pada games tersebut berisikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab siswa yang nanti hasilnya siswa akan mengetahui gaya belajar masing-masing dari mereka.

Kemudian pemberian materi pada sesi kedua disampaikan oleh Bapak Baydhowi, S.Psi., M.Si mengenai cara berpikir kreativ. Dalam materi ini, siswa diberikan sebuah games yaitu mereka harus membuat pesawat terbang dari kertas dengan bentuk se-kreatif mungkin dalam waktu 5 menit kemudian pesawat tersebut diuji coba apakah bisa terbang hingga lantai 2 sekolah tersebut. Dalam games ini seluruh siswa sangat antusias. Mereka berlomba-lomba membuat pesawat berdasarkan ide mereka.

Games selanjutnya adalah mematahkan pensil. Pada games ini siswa harus dapat mematahkan sebuah pensil. Dengan kekatan dan keyakinan yang mereka miliki, beberapa perwakilan dari siswa SMP 130 Jakarta Barat berhasil mematahkan pensil tersebut. Filosofi dari games ini adalah dalam melakukan sesuatu kita harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa kita bisa melakukan itu. Begitu juga dalam menghadapi Ujian Nasional kita harus yakin bahwa kita bisa mengerjakan soal-soal Ujian Nasional.

Akhir dari kegiatan P2M ini adalah sesi tanya jawab. Dalam sesi tersebut, terdapat dua orang siswa yang bernama M.Rafi Ramadhan dengan pertanyaan “bagaimana cara mengatasi jenuh saat belajar UN ? dan  Nada A dengan pertanyaan “bagaimana cara mengatasi rasa tidak percaya diri saat mendapatkan nilai yang turun dari nilai yang sebelumnya?” kemudian trainer menjawab semua pertanyaan dari siswa dan setelah itu kegiatan P2M diakhiri.

Nanda Agastya Wardana