Catatan P2M: SMAK Penabur Sumarecon Bekasi

Kami mendampingi Ibu Isti dalam membawakan materi Pumping Motivation yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 12 SMAK Penabur Sumarecon Bekasi, dimana pada topik kali ini Ibu Isti selaku pembicara memberikan motivasi kepada siswa-siswi kelas 12 yang mana pada tanggal 10 April akan mengikuti UNBK atau yang dikenal Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Siswa-siswi kelas 12 di sekolah berjumlah 61 orang dan sebelum memulai materi Ibu Isti melakukan Ice Breaking yang dipimpin oleh Sammy sebagai Games Master, dimana games ini dibutuhkan kerjasama team dan kerja yang cepat, terdiri dari 6 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa. Tugas mereka mudah yaitu diminta untuk mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar dan perintahnyapun bermacam-macam.

Setelah Ice Breaking selesai, Ibu Isti mulai masuk kepada topik pembahasan dan setiap anak diminta untuk menuliskan apa perasaan mereka mengenai UNBK yang akan mereka hadapi sesaat lagi dan sebagian anak menjawab bahwa mereka masih ragu dalam menghadapi UNBK pada tahun ini, namun ada juga yang merasa tidak cemas dengan UNBK pada tahun ini. Ibu Isti juga memberikan kiat-kiat apa saja yang dapat dilakukan dalam masa persiapan ujian, pada hari ujian, dan setelah ujian. Ibu Isti menyampaikan agar para siswa-siswi siap dan tidak panic ketika menghadapi ujian.

Setelah itu Ibu Isti juga sempat menyinggung apa yang akan dilakukan mereka setelah ujian dan membahas apa yang akan mereka lakukan selanjutnya setelah lulu dari SMA, Ibu Isti juga meminta anak untuk menuliskan “AKU” yaitu Ambisi, Kenyataan, dan Usaha. Dimana setiap anak diminta untuk menuliskan apa Ambisi mereka setelah lulus dari jenjang SMA, lalu kenyataan yang sedang mereka hadapi pada saat ini, dan Usaha apa yang dapat mereka lakukan agar ambisi mereka dapat tercapai. Setelah itu sesi telah selesai dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan Marketing BINUS University Bekasi.

Istiani