Kegiatan PKM di 3G VIlla : Sharing Mengenai Toleransi Beragama

Pada hari sabtu, 25 febuari 2017 perwakilan dari Jurusan Psikologi – BINUS University menghadiri acara pesantren kilat yang diadakan oleh BINUS School Simprug. Didalam acara pesantren kilat ini terdapat sesi pemberian materi tentang toleransi yang disampaikan oleh Bapak Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si. selaku Dosen Psikologi BINUS dan didampingi oleh tiga mahasiswa Jurusan Psikologi yaitu Rizkyana Ayuningtyas, Mukjizah Mukhtar Lutfi, dan Aditya Wisnu Murti. Perjalanan menuju lokasi acara diawali dari BINUS Anggrek pukul 06.00 WIB dan tiba pukul 08.10 WIB di Villa 3G yang terletak di Jalan Cikopo Selatan KM 3, Gadog, Bogor.

Acara ini dihadiri oleh 250 siswa BINUS School Simprug dan dihadiri juga oleh guru-guru dari sekolah tersebut. Pada sesi tersebut kegiatan yang dilakukan yaitu sharing mengenai toleransi dan menonton video tentang toleransi dalam agama, budaya, ras, dan lain-lain, dimana toleransi selalu menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Terlebih pada waktu pilkada ini banyak masyarakat yang sangat mudah sekali untuk mencemooh, mencelah, dan membully. Dalam acara pesantren kilat ini diharapkan para siswa untuk dapat lebih menghendakkan lagi nilai-nilai toleransi, saling menghargai, menghindari sikap mencemooh orang lain, dan membully.

Selanjutnya pada sesi ini siswa juga menceritakan tentang pengalaman intoleransi yang mereka alami, bahkan ada beberapa siswa yang bercerita dimana ia diberi label oleh teman-temannya bahwa ia memiliki kulit yang hitam. Selain itu siswa juga menceritakan pengalaman toleransi mereka terhadap orang lain. Bahkan diakhir sesi terdapat satu siswa yang sangat antusias ingin bertanya tentang toleransi lebih mendalam hingga ia menghampiri pemateri.

M.Nanang Suprayogi