Sekelumit Manfaat Knowledge Management dalam Organisasi

Knowledge Management (KM) di organisasi bertujuan utama untuk keberlangsungan dan secara bersamaan meningkatkan kinerja atau performance  organisasi. Mengapa demikian, kare tujuan paling tinggi dari adanya KM adalah menemukan pengetahuan baru atau cara baru dalam bekerja atau produksi dan jasa. Secara mudah dapat kita katakan bahwa tiga kegiatan utama KM adalah merekam kegiatan atau pengetahuan yang ada. Kemudian yang kedua adalah menyimpan hasil rekaman tersebut. Kegiatan ketiga adalah membagi atau menyebarkan pengetahuan tersebut. Tentunya ketiga kegiatan tersebut akan dapat lebih tertata dengan baik bila memanfaatkan teknologi.

Pertanyaan yang sering ditemukan terkait pengelolaan pengetahuan ini adalah “apakah saya tidak dirugikan bila menyebarluaskan pengetahuan?”

Perlu diketahui bahwa hakekat dari pengetahuan berbeda dengan benda. Jika pengetahuan kita bagikan dengan orang lain, pengetahuan masih tetap akan kita miliki. Sementara jika benda yang kita miliki kita berikan pada orang lain maka kita akan kehilangan benda tersebut. Jadi bisa dibayangkan bila pengetahuan dalam organisasi dapat kita sebarkan maka makin banyak orang yang berpengetahuan. Pada akhirnya kita dapat berharap bahwa melalui orang yang berpengalaman ini akan muncul pengetahuan baru. Melalui pengetahuan baru ini akan muncul cara kerja baru ataupun produksi atau jasa baru.

 

/Jo Rumeser