Sepanjang 2016, Juneman Abraham, SCC Community Psychology, sebagai Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), bersama dengan Prof. A. Supratiknya, J. S. A. Utama, T. Susana, dan I. N. Alfian berkerja menghimpun, menyunting, dan memberikan kata pengantar kepada naskah-naskah yang membahas Psikologi dan Teknologi Informasi.


Dikutip dari Kata Pengantar buku ini, “Buku ini merupakan buku kedua seri Sumbangan Pemikiran Psikologi untuk Bangsa yang diterbitkan oleh organisasi profesi Psikologi di Tanah Air, yaitu Himpunan Psikologi Indonesia atau HIMPSI. Buku ini menyajikan 31 artikel melibatkan 49 penulis dari berbagai institusi baik warga maupun sahabat komunitas Psikologi di Tanah Air. Sebagai sebuah kumpulan pemikiran untuk bangsa, artikel-artikel yang ditampilkan dalam buku ini penuh dengan gagasan, hasil telaah literatur, dan hasil riset yang sangat menarik untuk merespon persoalan bangsa yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi. Dikupas dengan mendalam berbagai persoalan penggunaan teknologi informasi di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan organisasi. Dipergunakan dengan baik berbagai konsep, teori, dan riset Psikologi untuk menjelaskan perilaku dan berbagai persoalan terkait teknologi informasi. Kita dapat belajar dari buku ini bagaimana tantangan, peluang, dan persoalan penggunaan teknologi informasi.”

Soft-launching buku ini telah berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta pada saat Temu Ilmiah Nasional HIMPSI 18-19 November 2016. Peluncuran direncanakan diadakan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Banten, pada 24 Januari 2017.