Judul di atas adalah tema dari seminar yang diadakan oleh Generasi Muda ID bersama BINUS University dan didukung oleh perusahaan sponsor PT Frisian Flag Indonesia. Seminar ini membahas topik seputar  seputar pengenalan potensi karir melalui kepribadian dan mengetahui apa yang menjadi tantangan karir bagi generasi millenial sehingga dapat memenuhi key potentials yang dicari oleh industri. Para pembicara yang mengisi seminar ini berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dan membahas topik sesuai dengan expertise masing-masing. Pembicara pertama adalah Esther Widhi Andangsari, seorang psikolog klinis dan dosen dari Jurusan Psikologi BINUS University. Pembicara kedua adalah Samuel Pandu Amarta, seorang konsultan organisasi dan people solution. corporate planning and monitoring dan sekarang fokus mengembangkan sebuah perusahaan konsultan yang didirikan olehnya “F Project”. Pembicara ketiga adalah Yudhi Sudarmanto, seorang Channel Development dan Category Manager dari Friesland Campina yang memiliki pengalaman di industri dairy based nutrition company.

Pembicara pertama (Ibu Esther Widhi Andangsari) ingin menyampaikan bahwa untuk mengenali potensi karir, mahasiswa/I perlu mengenal diri sendiri terlebih dahulu berdasarkan kepribadian. Setelah mengenali diri, mahasiswa/I dapat membuat perencanaan karir berdasarkan karakteristik masing-masing.  Sesi ini dibawakan sangat interaktif karena diselingi dengan permainan kartu dan quiz. Ini membuat mahasiswa tidak hanya duduk diam  mendengarkan pembicara.

DSC_3867

Pembicara yang kedua (Kak Samuel Pandu Amarta) menyampaikan materi dari sudut pandang  sebagai seorang entrepreneur dan rekruter berpengalaman. Kak Sam mengemukakan sebuah konsep yang dinamakan GO PRO. GO PRO adalah kunci yang perlu dimiliki oleh fresh graduates agar dihire oleh perusahaan dan menjadi karyawan yang memiliki nilai berbeda. GOPRO adalah singkatan dari Growth mind set, Original, Purposeful, Resilient, dan Owner. Di akhir sesi, Kak Sam menambahkan beberapa tips untuk menggapai pekerjaan sesuai passion, seperti mencari mentor yang sesuai dengan bidang karir.

Pembicara yang terakhir adalah Bapak Yudhi Sudarmanto menjelaskan apa yang perlu dipersiapkan fresh graduates berdasarkan pengalaman beliau sebagai sales manager di industry dairy product. Beliau menyampaikan bahwa generasi muda saat ini cenderung lebih ingin bekerja yang tidak hanya duduk saja di depan laptop namun juga dapat membuat sebuah karya hebat. Kemampuan untuk terus menerus berinovasi dan eksplorasi harus terus dikembangkan , agar generasi muda kita tidak tergerus jaman yang semakin maju ini.

Seminar ini merupakan seminar yang dilaksanakan cukup rutin di berbagai universitas di Indonesia dan dengan berbagai topik pula. Melalui seminar seperti ini, diharapkan para mahasiswa/I yang nantinya akan bekerja dapat mempersiapkan diri dan bersaing.

Penulis: Febriani Priskila