Salah satu pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jurusan kita memiliki rencana untuk membuka mata kuliah ini setelah beberapa periode melakukan penguatan dalam pendekatan kuantitatif. Ternyata, pendekatan kualitatif pun banyak ragamnya. Seringkali mahasiswa membutuhkan waktu untuk dapat memilih tipe penelitian kualitatif yang tepat sesuai dengan maksud dan tujuan penelitiannya. Dosen dan peneliti pun seringkali kurang peka dalam mengelaborasikan “penelitian kualitatif” yang digarapnya.

Sekalipun buku metodologi penelitian kualitatif telah dibaca bolak-balik, mahasiswa masih sering “tersesat” di antara rimba kualitatif, utamanya pada pengalaman awal. Terlebih lagi, apabila teks buku-buku yang ada lebih banyak bergulat dengan filosofi pendekatan kualitatif, dan artikel-artikel jurnal yang ada seringkali langsung saja menyebutkan pendekatan yang dipilih dengan mengandaikan pembaca sudah memiliki latar belakang dasar pengetahuan riset kualitatif.

Berikut ini adalah peta jalan “kasar” yang dapat digunakan oleh kita saat merancang penelitian kualitatif untuk sampai pada fokus pendekatan yang mampu menjawab pertanyaan penelitian kita. Semoga dapat menjadi panduan sekaligus penyemangat untuk melakukan penelitian kualitatif.

Bagan Alir Untuk Membantu Memilih Metode Kualitatif
Bagan Alir Untuk Membantu Memilih Metode Kualitatif