Personal Goal Setting : Do you know where you wanna go?

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sebuah program pelatihan untuk karyawan Bina Nusantara yang disebut “the gateway program”. Program ini merupakan sebuah rangkaian pelatihan yang dirancang oleh pihak BCL&D dan dibagi menjadi bebrapa kelas yang di adakan hampir satu minggu sekali.

Pada pelatihan hari pertama, topik yang dibawakan adalah sebuah topik mengenai “personal goal setting”.  Materi ini dibawakan oleh Pak Wakky Antonio yang merupakan seorang trainer yang sudah sangat mahir dalam bidangnya.

Salah satu alasan saya ingin berbagi mengenai pelatihan yang saya jalani ini adalah karena pelatihan ini membuka wawasan saya mengenai tujuan hidup dan saya berharap dengan artikel ini dapat membuka mindset atau paradigma anda semua mengenai pentingnya memiliki sebuah tujuan atau personal goal setting.

Menurut www.mindtools.com , “Many people feel as if they’re adrift in the world. They work hard, but they don’t seem to get anywhere worthwhile.”

Banyak orang merasa mereka tidak menghabiskan cukup waktu untuk berpikir tentang apa yang mereka sebenarnya inginkan dari kehidupannya,dan tidak memiliki tujuan dalam hidup yang jelas. Padahal, seseorang tidak mungkin kan mejalani sesuatu aktivitas tanpa sebenarnya tahu apa tujuannya dan apa yang diinginkan?

Goal setting adalah proses yang kuat untuk berpikir tentang masa depan yang ideal bagi Anda, memotivasi diri sendiri untuk mengubah visi Anda tentang masa depan dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan.

Dengan menetapkan tujuan yang jelas, anda dapat mengukur pencapaian anda dan melihat kemajuan kemajuan dan seberapa jauh anda telah berproses. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan self confidence yang anda miliki dan mengenali kemampuan serta kompetensi diri sendiri.

Untuk memiliki Personal goal setting , anda dapat memulainya dengan merancang tujuan yang dimiliki dengan  menggunakan metode SMART, yaitu Specific, Measured, Attainable, Relevant dan Time Bound.

  1. Specific

Tujuan yang anda miliki haruslah sesuatu yang spesifik dan bukan di awang-awang. Sesuatu yang jelas dan terdefinisikan dengan jelas pula.

  1. Measured

Tujuan tersebut haruslah pula terukur. Maksudnya, dapat  dikuantifiaksi, seperti memiliki tanggal dsb.

  1. Attainable

Pastikanlah tujuan anda tersebut dapat benar-benar tercapai.

  1. Relevant

Sebaiknya tujuan yang anda buat adalah tujuan yang relevan dengan karir, studi atau jalan hidup anda.

  1. Time Bound.

Tujuan ini harus memiliki sebuah tenggat waktu akan kapan harus dicapainya.

Nah, sekarang jika ada pertanyaan seperti “apakah anda dapat memproyeksikan apa yang akan anda lakukan dalam waktu lima tahun kedepan? apakah anda sudah memiliki gambaran jelas mengenai apa tujuan utama anda dalam bekerja sekarang ini? apakah anda tahu apa yang ingin anda capai hari ini?”

jika pertanyaan-pertanyaan seperti ini ditanyakan kepada anda, apakah anda sudah bisa menjawabnya?

Reference:

www.mindtools.com

 

Nanda Wardana