Arsyan Makarim Sugiri

Asteria S.

Bilal Ahmad

Hernando

Nurcahyani Dewi

Rika Valerina

Arsyan Makarim Sugiri & Hernando_2017_Metode Eksperimen Psikologi_BB64

ABSTRAK

Atensi adalah merupakan salah satu alat untuk belajar untuk manusia. Jika atensi itu sendiri tidak ada, kita tidak hanya tidak bisa belajar, namun kita tidak bisa hidup lama karena kita tidak dapat sadar dengan lingkungan disekitar kita. Penelitian ini akan melihat pengaruh musik terhadap atensi seseorang. Atensi yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk memfokuskan perhatian mereka terhadap stimulus tertentu. Penelitian ini akan menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan skor independent t-test. Jumlah partisipan adalah 40 orang yang diambil secara acak lalu dibagi menjadi dua kelompok, sehingga satu kelompok terdiri dari 20 orang. Alat tes yang digunakan adalah menggunakan attention-distraction. Alat tersebut fungsinya adalah untuk melihat seberapa besar konsentrasi seseorang saat diberikan distraksi. Cara kerja alat tersebut ialah dengan memperlihatkan sejumlah lampu yang menyala secara konstan diringi dengan lampu yang berkedip-kedip, kemudian partisipan diminta untuk menghitung jumlah lampu-lampu yang menyala secara konstan saja. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah, group partisipan yang diberi treatment musik klasik menunjukkan tingkat atensi yang lebih tinggi ketimbang group partisipan yang dikontrol.

Keywords: Atensi, musik klasik, mozart, atensi-distraksi, belajar