Dialog Psikologi Nusantara ke 3 “Kebutuhan akan Inovasi dalam Pengukuran Psikologi”

20150603_143041_Pano

Pada Rabu, 3 Juni 2015 yang lalu, telah berlangsung acara yang memang menjadi ciri khas dari Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara, acara ini bernama Dialog Psikologi Nusantara (DPN), yang pada saat ini sudah berlangsung ke 3 kalinya, berawal dari tahun 2012, 2013, dan sekarang 2015.

Pada kesempatan kali ini, topik yang dibahas adalah mengenai Psikologi dalam ranah Industri, maka dari itu tema yang tepat untuk acara kali ini adalah “Pengukuran Psikologi Untuk Dunia Industri”.

Mau tau apa saja sih yang dibahas dalam Dialog pada kesempatan kali ini? Yuk kita telurusi lebih dalam! 🙂

Pembicara Pertama oleh Ibu Tuti Indrawati, beliau membahas topik mengenai “Kebutuhan Dunia Industri akan Pengukuran Psikologi”

20150603_142819

Beliau menjelaskan bahwa dunia industri saat ini sangat membutuhkan tersedianya perangkat alat ukur Psikologi yang mampu secara cepat mendukung proses penyediaan tenaga kerja yang kompeten. Adapun manfaat yang diharapkan dari asesmen adalah diperolehnya profil kompetensi dan personality para karyawan sebagai acuan dalam mengambil berbagai kebijakan terkait dengan pengembangan Human Capital di dalam organisasi.

Pembicara kedua oleh Bapak Ir. Tonny Warsono, beliau berbagi pengalamannya sebagai Pamong Utama Wikasatrian.

20150603_144745

Beliau banyak membagikan kisah yang inspiratif dan menjelaskan konsep kepemimpinan berbasis kearifan lokal. Beliau memberikan begitu banyak gambaran bahwa kepemimpinan dapat dibangun dengan cara yang mudah dan tepat.

Pembicara ketiga oleh Ibu Dr. Istiani, beliau adalah Dosen Psikologi Bina Nusantara. Pada kesempatan ini, beliau membahas topik mengenai “INOVASI DALAM PENGUKURAN PSIKOLOGI”

20150603_150651

Beliau memaparkan bahwa teknologi telah menjadi bagian hidup masyarakat modern, semua hal dikomputerisasi secara searah termasuk asesmen dan pengukuran psikologi. Tantangannya adalah terkait dengan psychometrics properties (unbiased, ethical, valid dan reliable). Saat ini dan kedepan, teknologi mempunyai peran besar dalam perkembangan pengukuran psikologi: Cara-cara baru yang terkait pemanfaatan teknologi terus berkembang. Akurasi dalam pengukuran makin mendapatkan tantangannya tersendiri. Fairness dan relevansi makin tinggi tuntutannya.

Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan berguna untuk kita semua 🙂 Sampai jumpa dilain kesempatan! Kita berharap Dialog Psikologi Nusantara yang ke 4 dapat terselenggara lebih baik dan meriah.

20150603_164714

Penulis: Berdi Dwijayanto

 

Berdi Dwijayanto, S.Psi
  1. saya sangat tertarik untuk mengetahui dan memahami tentang psikologi nusantara. jika ada yang berkenan tolong kirimi saya file atau naskah tentang psikologi nusantara itu ke email saya. adiettu@gmail.com. terimakasih