Behind The Scene Psychompilation 2015

photo 3

Psycompilation Maranatha merupakan ajang pertarungan terbesar dalam bidang cerdas cermat dikalangan universitas di Indonesia. Tahun lalu, Binus gagal meraih gelar Juara, walau mendapatkan peringkat dua dan tiga. Sehingga tahun ini menjadi tahun penuh tekanan bagi Tim Binus, karena satu satu ruang untuk berkembang adalah meraih juara satu, jika tidak hanya stagnan dan tidak ada perubahan dari tahun lalu. Tekanan lain muncul dari faktor banyaknya buku yang dipelajari, lebih tebal, lebih rumit dan kompleks. Selain itu, ada 45 tim yang bertanding dari 29 universitas, dibandingkan tahun lalu yang hanya 35 tim.

Perjalanan tahun ini diawali dengan susah payah. Dimulai dari jadwal yang tidak menentu, sulitnya pembagian buku dan bertemunya para anggota tim untuk latihan. Beberapa hari sebelum lomba, terasa kepercayaan diri dan efikasi para anggota semakin menurun.

Sampai ketika Teknikal Meeting pada tanggal 7 dimulai. Apa yang terjadi, saya tidak tahu. Akan tetapi melihat suasana peserta yang berbondong bondong, menyiapkan diri. Tiba tiba angin bertiup dan api berkobar di arang obor Tim Psytroopers. Semangat pun bangkit seketika! Setelah Teknikal meeting, malam hari kami berbincang-bincang mengenai bukan lomba esok, tetapi suatu hal yang belum kami persiapkan: Pertunjukan lomba esok. Kami pun berlatih dan menghabiskan malam tersebut dengan tawa.

marnatphoto 1

Hari pertama pun datang. Berkat kerjasama, kepercayaan antara anggota tIm Binus berhasil melewati babak 1 dan 2 dengan cukup santai. Ketenangan dan Kepercayaan diri tersebut membuahkan hasil, yaitu berada pada posisi tertinggi di papan transparansi. Begitu juga tim 7 dan 8 terus menduduki peringkat paling atas pada babak 3 dan 4. Terakhir, yang muncul di pertarungan sengit babak 5 hanya tersisa satu universitas, yaitu UPH. Saat detik detik terakhir, salah satu pemain tim 7, tumbang dan terpaksa harus istirahat bersama panitia. Sedangkan tim delapan masih kurang percaya diri terhadap materi presentasinya.

Akan tetapi, kedua hal tersebut tidak menghentikan tim Binus untuk memajangkan piala kemenangan di Jurusan Psikologi Binus. Keseluruhan acara berlangsung dengan baik. Ini merupakan acara termeriah dan terpuas yang pernah dialami. Selain kemenangan, banyak tali pertemanan yang terjalin antar universitas 🙂

marnatphoto 2

Oleh: Tommy Prayoga (Tim 7 Binus – Juara 2)

Editor by: Berdi Dwijayanto

Berdi Dwijayanto, S.Psi