bounty

Sudah seharian ini Mita salah tingkah. Dia tidak bisa berhenti makan bounty, permen coklat kesukaannya. Sudah makan satu, rasanya kurang. Sudah disembunyikan, rasanya pikiran ini dihantui.

Craving, atau mengidam makanan tertentu memang tidak hanya terjadi pada wanita hamil saja. Siapapun bisa mengalaminya. Saat-saat genting biasanya terjadi saat PMS, atau setelah kita melakukan diet tertentu yang membatasi makanan yang dapat kita konsumsi. Bahkan tidak perlu menunggu saat genting, terkadang keinginan untuk makan satu jenis makanan timbul begitu saja.

Craving memang mengesalkan. Craving juga kadang tak bisa diprediksi. Carving menjangkiti semua orang tak pandang usia. Apalagi terjadi pada kita yang sedang berusaha mengatur intake makanan untuk menurunkan berat badan.

Nah, untungnya, sebuah riset menemukan satu tips mudah namun mustajab untuk mengatasi food craving ini.

BERJALANLAH!

APA? Jalan? Iya benar. Dengan berjalan selama 15menit mampu membantu mengatasi craving yang disebabkan oleh situasi yang menyebabkan stress.

Penelitian yang melibatkan 47 orang dengan berat badan berlebih yang secara regular menjadi penyantap coklat menyimpulkan bahwa melakukan aktivitas fisik seperti berjalan mampu mengatasi dorongan untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Daripada kita menangis penuh penyesalah  hanya karena kenikmatan sesaat (baca: NGEMIL), mending jalan aja deh sebentar. Naek-turun tangga, pergi ketoilet dengan mengambil jalan yang lebih jauh, memutari lapangan dan juga halaman kampus, bisa jadi alternatif untuk mengilangkan craving.

Jadi? MOVE MORE YUK, teman-teman! 🙂

salam,

/anggita

sumber:

Ledochowski L, Ruedl G, Taylor AH, Kopp M. (2015). Acute Effects of Brisk Walking on Sugary Snack Cravings in Overweight People, Affect and Responses to a Manipulated Stress Situation and to a Sugary Snack Cue: A Crossover Study. PLoS ONE. 10(3): e0119278. doi:10.1371/journal.pone.0119278