Perjumpaan dengan Prof. Uichol Kim

Setelah beberapa kali komunikasi via email, akhirnya pkl. 15.30, hari Kamis, tanggal 16 April 2015, Prof. Uichol Kim (INHA Universiy) sampai juga di Kampus Kijang. Dengan ditemani, Cleon, alumnus Binus yang saat ini menjadi asisten Prof. Kim. Bertempat di Ruang Dekan, pertemuan dengan Prof. Kim dihadiri oleh Pak Jo Rumesser (Dekan Fakultas Humaniora, BINUS University), Pak Raymond (Ketua Jurusan Psikologi, BINUS University), Tommy Prayoga (Binusian 2016, Ketua Kelompok Studi Umbra Idea) dan saya (saya dikontak oleh Prof. Kim lebih karena saya sebagai Ketua APIK, lewat Pak Hakim, rekan dari UNS Solo,sekretaris APIK).

Semula perjumpaan ini hanya akan diisi dengan perbincangan seputar upaya pengembangan Indigenous Psychology di Indonesia yang telah dirintis di UGM Yogya dan beberapa daerah lain di Indonesia. Prof. Kim mengharapkan Indigenous Psychology bisa berkembang tumbuh lewat APIK. Disinggung juga kemungkinan untuk membantu menyenggarakan sesi workshop di kesempatan 7th AAICP di UNPAD, Bandung. Waktu yang disediakan Prof. Kim sangat singkat mengingat agenda beliau ada janji bertemu Prof. Karen Imam dari BINUS Global di JWC. Saya berpikir kalau beliau bisa hadir di Kampus Kijang dan bertemu dengan Kajur serta Dekan, mungkin akan ada banyak hal yang bisa kita raih. Oleh karena itu via email saya negosiasi waktu dan tempat. Akhirnya beliau menyediakan waktu untuk perjumpaan ini.

Tanpa terlalu banyak basa-basi, setelah berkenalan dan bersalaman, Prof. Kim langsung memborbadir dengan berbagai sharing pengalaman, knowledge sharing, sharing berbagai aktivitas beliau saat ini khususnya proyek-proyek penelitian beliau di Indonesia,beragam gagasan dan ide yang beliau lontarkan serta beberapa kemungkinan kerjasama yang bisa ditawarkan untuk dilakukan bersama Binus.

Perjumpaan diakhiri dengan foto bersama!

pak dedy1

Semoga ada banyak buah berkat dari perjumpaan ini untuk jurusan, fakultas dan universitas.

Oleh: Dr. Yosef Dedy Pradipto L.Th., M.Hum.

Editor by: Berdi Dwijayanto, S.Psi.