Psikologi BINUS Memotivasi SMU Yos Sudarso Karawang

Mulai tanggal 16 Maret 2015, sebagian besar murid SMU di Indonesia akan menjalani Ujian Sekolah sebagai salah satu ujian akhir untuk kelulusan mereka. Demikian pula SMU Yos Sudarso, Karawang. Tidak sedikit dari mereka yang merasa cemas menghadapi  ujian tersebut, juga Ujian Nasional di April mendatang.

image2

Jurusan Psikologi BINUS kali ini mendapatkan kehormatan dari pihak SMU Yos Sudarso, Karawang, untuk hadir memberikan semangat bagi para muridnya. Dengan semangat tinggi, Raymond Godwin, bersama tiga mahasiswa (Reynaldi, Annisa, dan Yonathan), didampingi juga oleh tim BINUS University Learning Community, datang menyambut tawaran tersebut.

image5

Pemberian motivasi dilakukan dengan cara diskusi bersama. Para murid secara bergantian diajak untuk menceritakan kecemasan-kecemasan mereka dalam menghadapi ujian. Dari cerita-cerita yang disampaikan, kecemasan yang mereka rasakan berpusat pada ketakutan menghadapi soal-soal yang mungkin berbeda dari apa yang mereka pelajari. Menghadapi kecemasan tersebut, Jurusan Psikologi BINUS mengajak para murid untuk kembali menyadari kemampuan diri mereka sendiri. Menyadari bahwa diri mereka telah memiliki pengetahuan yang lebih dari cukup untuk dapat mengerjakan ujiannya dengan baik. Selain itu, para murid juga diberikan tips-tips untuk dapat menghadapi ujian dengan lebih baik. Salah satunya adalah istirahat dan makan yang cukup agar tidak jatuh sakit pada saat ujian dan dapat berkonsentrasi penuh ketika mengerjakan ujiannya. Tips tersebut menjadi penekanan sebab dari pengalaman-pengalaman yang diceritakan oleh ketiga mahasiswa Psikologi, baik Reynaldi, Annisa, maupun Yonathan, keletihan menjadi faktor yang sangat mengganggu mereka ketika mengerjakan ujian. Belajar sudah maksimal namun karena badan letih pengerjaannya menjadi tidak maksimal.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian CD latihan soal-soal Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional secara gratis kepada para murid. Semoga dengan pembekalan ini, para murid SMU Yos Sudarso dapat menjadi lebih maksimal dalam menghadapi ujian-ujian tersebut.