SKS…

SKS

Sebentar lagi semua mahasiswa BINUS akan dihadapkan oleh UAS. Tentunya semua mahasiswa akan belajar untuk menghadapi UAS atau bahkan ada yang tidak belajar sama sekali. SKS seringkali kita dengar. Tapi, jangan salah, PsyTroopers, SKS bukan cuma berarti Sistem Kejar Semalam loh!

Sistem Kejar Seminggu
Nah, beberapa mahasiswa yang rajin, pastinya akan memakai cara seperti ini. Seminggu sebelum ujian, ia akan mempersiapkan bahan – bahan untuk ujian atau mulai mencicil bahan untuk ujian.

Sistem Kejar Semalam
Ini yang seringkali digunakan oleh mahasiswa – mahasiswa. Semalam sebelum ujian, baru mulai belajar dan mempersiapkan UAS keesokan harinya.

Sistem Kejar Sejam
Kalau sistem ini, mungkin lebih sering PsyTroopers gunakan kalau mata kuliah yang diujiankan sangat susah sehingga akhirnya pasrah dan baru belajar satu jam sebelum ujian dengan teman – teman. Atau bisa jadi karena mata kuliahnya sangat mudah, maka PsyTroopers memutuskan untuk belajar satu jam sebelum ujian dimulai.

Sistem Kejar Semenit
Mungkin sangat jarang PsyTroopers memakai teknik ini. Tapi, ada loh beberapa teman – teman kita yang bahkan satu menit sebelum ujian dimulai masih tidak tahu mata kuliah apa yang diujikan hari itu. Tentunya dengan sistem ini, nilai tidak bisa dijamin bagus.

Sebenarnya, mana sih yang lebih efektif dari keempat cara belajar ini? Tentunya Sistem Kejar Seminggu. Mengapa? Karena untuk memproses informasi sehingga masuk ke long term memory, dibutuhkan proses. Ada dua proses, chunking dan rehearsal. Yang lebih digunakan untuk belajar UAS adalah rehearsal, yaitu mengulang terus informasi yang sudah ada di short term memory.

Tetapi, jika kalian belajar seminggu sebelum ujian, apakah waktu yang digunakan cukup? Nah, PsyTroopers harus pintar – pintar mengakalinya! Kalian bisa mencoba untuk memperhatikan dosen di kelas dan membuat catatan – catatan kecil di buku kalian. Atau bisa juga dengan membaca terlebih dahulu sebelum kelas dimulai. Cobalah cari cara belajar yang paling efektif untuk kalian masing – masing, karena setiap individu memiliki cara belajar yang berbeda. Selamat menghadapi UAS, PsyTroopers! Good luck! (Chr)