Seminar & Peluncuran Psikologi Ulayat

Setelah berjalan selama hampir 6 bulan, KonsorsiumPsikologi Ulayat menerbitkan Jurnal Psikologi Ulayat pertamanya. Konsorsium ini merupakan sebuah bentuk kerja sama antara HIMPSI DKI Jakarta, sebagai asosiasi ilmuwan psikologi dan psikolog, bersama Universitas Sumatera Utara dan 12 Fakultas/Program Studi Psikologi se-Jakarta.

Peluncuran Jurnal Psikologi Ulayat (JPU) edisi perdana ini dilakukan di Jurusan Psikologi, Fakultas Humaniora, Universitas Bina Nusantara, pada tanggal 11 Desember 2012. Acara tersebut dibungkus dalam sebuah Seminar bertajuk “Peran Psikologi Ulayat Dalam Kiprah Keberpihakan Pada Perempuan di Tataran Praksis – Akar Rumput”. Seminar tersebut diisi oleh mantan Ibu Negara Republik Indonesia, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M.Hum., yang berbagi pengalamannya dalam berinteraksi dengan kaum perempuan, terutama yang berada di tataran akar rumput. Pengalaman tersebut dicoba dibahas oleh Prof. Dr. Sarlito W. Sarwono, selaku┬ásalah satu penggagas Psikologi Ulayat, dengan menggunakan sudut pandang Psikologi Ulayat. Di akhir sesi, Dr. Yosef Dedy Pradipto, L.Th., M.Hum., dosen Psikologi Binus dan Editor Eksekutif JPU, merangkum kembali apa yang disampaikan oleh kedua pembicara sebelumnya.

Seminar dan Peluncuran JPU ini dihadiri oleh beberapa perwakilan universitas anggota Konsorsium Psikologi Ulayat, psikolog-psikolog yang menjadi praktisi di sejumlah institusi, dan para mahasiswa Psikologi Binus. Peluncuran ini sendiri menjadi sebuah langkah besar bagi ilmu Psikologi di Indonesia untuk berkembangnya pemikiran-pemikiran Psikologi yang khas dan sesuai dengan masyarakat Indonesia.