Kerja Sama Jurnal Psikologi Ulayat

Sejak tahun 2009, Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara memiliki cita-cita menggandeng himpunan profesi Psikologi yang ada di Jakarta, yaitu HIMPSI DKI Jakarta, dalam sebuah kerja sama penerbitan jurnal ilmiah Psikologi. Wacana tersebut sayangnya tidak cepat terealisasikan sehingga terpendam lama tertimbun berbagai ide-ide lainnya. Di tempat lain, pada pertengahan 2011, Dekan Psikologi UPI YAI mencetuskan gagasan yang serupa dan membicarakannya dengan Ketua HIMPSI DKI Jakarta. Mengetahui memiliki pemikiran yang serupa, Psikologi Universitas Bina Nusantara melontarkan keinginannya untuk bergabung dalam kerja sama tersebut. Keinginan tersebut direspon dengan sangat baik oleh Psikologi UPI YAI dan HIMPSI DKI Jakarta.

Akan tetapi, saat itu ide tersebut juga belum bisa langsung direalisasikan. Kendala paling utama adalah pendanaan. Persoalan tersebut terus menjadi bahan pemikiran di antara ketiga institusi tersebut, dan sejumlah peneliti di bidang Psikologi Sosial yang secara berkesinambungan ikut dalam diskusi. Setahun berikutnya, muncul titik terang atas persoalan itu. Beberapa dosen peneliti di bidang Psikologi Sosial mencetuskan ide pembentukan sebuah konsorsium bersama dengan fakultas maupun program studi Psikologi yang ada di Jakarta. Ide tersebut disambut dengan baik, dan di sekitar bulan Mei 2012 mulai dilakukan berbagai diskusi dengan sejumlah fakultas/program studi Psikologi yang ada di Jakarta dan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Ada sekitar 14 fakultas/program studi Psikologi yang akhirnya sepakat untuk bersama-sama menerbitkan sebuah jurnal ilmiah Psikologi. Dengan nama Jurnal Psikologi Ulayat, para institusi yang terlibat akan berupaya untuk mengembangkan ilmu Psikologi dengan konteks ke-Indonesia-an. Puncaknya, pada tanggal 19 Juni 2012, bertempat di Universitas Pelita Harapan, perwakilan dari sejumlah fakultas/program studi Psikologi se-Jakarta dan perwakilan HIMPSI DKI Jakarta berkumpul bersama. Pada hari itu dilakukan penandatangan perjanjian bersama untuk penerbitan  Jurnal Psikologi Ulayat, yang direncanakan terbit untuk pertama kalinya pada bulan September 2012.

Konsistensi dan keikutsertaan jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara dalam merealisasikan gagasan penerbitan jurnal ilmiah merupakan wujud komitmen Universitas Bina Nusantara, khususnya jurusan Psikologi, dalam pengembangan ilmu untuk kemajuan masyarakat Indonesia.