People Innovation Excellence

Kamus Psikologi: O

  1. Ohm’s Acoustic/Auditory Law : Georg Simon Ohm (1787-1854) adalah seorang fisikawan Jerman yang mengusulkan bahwa suara yang kompleks dianalisis oleh penerima ke dalam komponen frekuensinya. Secara objektif kemampuan dalam memecah suara yang kompleks ke dalam komponen gelombang sinus, sine wave, dengan cara prosedur sistematis biasa dikenal dengan analisis Fourier, dan telingan juga dapat melakukan analisis ini.
  2. Olfaction/Smell, Theories of : Bau muncul melalui dua mode aksi yang terpisah menghasilkan persepsi berbeda dan pengalaman informasi dekat dan jauh. Teori olfaksi menekankan mekanisme lebih selektif yaitu teori lock-and-key (stereochemical) dimana molekul dibentuk beragam sesuai dengan tempat khusus pada membran reseptor yang mengakibatkan perubahan dalam struktur membran sel terjadi, membuat ion-ion masuk atau keluar dari sel, dan akhirnya menghasilkan arus listrik (Amoore, Johnson, & Rubin, 1964). Pendekatan stereochemical lock-and-key berdasarkan pada identifikasi tujuh bau primer, masing-masing diasosiasikan dengan bentul molekul tertentu (Henning, 1915). Teori smell prism mengemukakan enam kualitas primer yaitu busuk, buah, terbakar, damar, rempah, dan bunga (Seashore, 1923; Coren & Ward, 1989).
  3. Organization/Industrial/Systems Theory : Psikologi organisasi atau industrial mencakup beragam bidang yaitu industrial, militer, ekonomi, dan psikologi SDM. Organisasi didefinisikan sistem sosial kompleks yang dibangun individu, fasilitas mereka dan produk yang dibuat. Wilayah teori sistem menekankan interaksi dan keadaan interelasi perilaku dimana perilaku individu tidak terjadi dalam kevakuman tetapi lebih dipengaruhi lingkungan yang terjadi (Kappenberg, 1994). Tiga topik khusus yang menarik minat psikolog organisasi kontemporer berkaitan dengan gaya manajerial/kepemimpinan, motivasi/sikap pekerja, dan kepuasan kerja. Schein (1965) membahas empat teori berbeda tentang keadaan individu yang dikendalikan manager/pemimpin: teori rational-economic man theory, man social theory, self-actualizing man theory dan complex man theory.

Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close