People Innovation Excellence

deep brain stimulations (DBS)

Merupakan prosedur bedah saraf paling sering digunakan untuk mengobati gejala neurologis dari penyakit  Parkinson (mis., tremor, kekakuan, dyskinesia), terutama bila gejala tersebut tidak bisa dikontrol secara memadai dengan obat-obatan. Sebuah elektroda dimasukkan melalui lubang kecil di bagian tengkorak pasien dan ditanamkan di otak, dan terisolasi kawat lewat di bawah kulit kepala, leher, dan bahu menghubungkan elektroda ke neurostimulator, yang (serupa ke alat pacu jantung) biasanya ditanamkan di bawah kulit dekat tulang selangka. Sinyal listrik dari neurostimulator memicu elektroda untuk mulai memancarkan impuls listrik kecil ke daerah-daerah otak yang mengendalikan gerakan, menghalangi sinyal saraf abnormal yang menyebabkan tremor dan gejala neurologis lainnya. DBS juga digunakan untuk orang dengan depresi berat yang sangat tahan pengobatan. Jika beberapa obat, psikoterapi, dan electroconvulsive terapi telah gagal, prosedurnya tidak merusak jaringan otak yang sehat dengan menghancurkan sel saraf, dan itu reversibel. Efek samping potensial dari DBS yaitu sedikit penurunan memori dan fungsi eksekutif.

 

  • VandenBos, G. R. (ed.). (2007). APA Dictionary of Psychology. Washington DC: American Psychological Association.

Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close