People Innovation Excellence

Arnold’s Theory of Emotions

Teori emosi dari Magda B. Arnold menekankan faktor kognitif yang disertai dengan perilaku emosi yang meliputi rangkaian berkelanjutan dari reaksi dan penilaian di mana serangkaian tahap pemrosesan informasi terjadi (Arnold). Pada tahap pertama individu akan secara tipikal merasakan beberapa peristiwa, objek, atau orang dan mulai mengevaluasinya dalam cara tertentu. Kedua, penilaian yaitu dengan memutuskan. Ketiga dan keempat merupakan perubahan secara fisik dan emosi yang keduanya secara tipikal terjadi hampir di waktu yang bersamaan. Kelima, tindakan. Ia membedakan beberapa teori dasar yang merupakan reaksi sederhana untuk menilai situasi dasar, yaitu tidak suka (dislike), cinta (suka), keengganan (aversion), putus asa (despair), gairah (desire), marah (anger), takut (fear), harap (hope), tertantang (daring), duka cita (sorrow), dan senang (joy).

 

  • Roeckelein, J. E. (2013). Kamus Psikologi: Teori, Hukum, dan Konsep (penerj. Intan Irawati). Jakarta: Kencana.

Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close