People Innovation Excellence

Allport’s Functional Autonomy Principle

Psikolog Amerika Gordon Willard Allport memahami kepribadian sebagai suatu kesatuan yang terorganisasi dimana seseorang dapat membuat pilihan dan dapat mempengaruhi pertumbuhan atau keluaran kepribadiannya sendiri (Allport). Ia merumuskan konsep otonomi fungsional dari motif yang menekankan pada munculnya sistem motivasi baru dalam hidup seseorang (Allport). Sarana mencapai tujuan menjadi akhir dari tujuan itu sendiri di mana aktivitas asal sekarang menjadi motif dan fungsi yang terlepas dari tujuan atau kebutuhan yang awalnya dilayani.

 

  • Roeckelein, J. E. (2013). Kamus Psikologi: Teori, Hukum, dan Konsep (penerj. Intan Irawati). Jakarta: Kencana.

Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close