Keseruan P2M Bersama guru-guru TIK SOKRATES

Halo semua! Di catatan dosen kali ini saya akan berbagi cerita mengenai keseruan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang saya lakukan beberapa waktu lalu kepada guru-guru Teknik Ilmu Komputer (TIK).

Guru-guru TIK ini bertugas di sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan BINUS SOKRATES.  Beberapa diantara mereka ada yang mengajar di unit TK, SD, SMP, dan SMA/SMK. Kali ini kami, saya dan Bu Anggita Dian Cahyani mewakili tim dosen Psikologi, membawakan sesi terkait dengan psikologi perkembangan anak dan bagaimana cara mengajar yang efektif terkait dengan tahapan perkembangan anak. Dalam sesi kali ini, para guru diberikan pengetahuan mengenai setiap tahapan perkembangan kognitif, Bahasa, dan socio-emotional anak hingga remaja. Mereka kemudian diberikan beberapa saran mengenai metode pengajaran yang efektif sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Para guru juga diminta untuk berdiskusi mengenai masalah-masalah atau kendala-kendala yang sering dihadapi saat mengajar di kelas, sesuai dengan tingkat pendidikannya. Mereka kemudian diminta untuk mendiskusikan solusi yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Namun, hal yang sangat berkesan dari kegiatan ini adalah keaktifan dan semangat dari para guru-guru saat seminar berlangsung. Jujur saja, rasanya bukan hanya mereka yang mendapatkan ilmu baru, tapi kami sebagai pembicara malah mendapatkan cerita-cerita seru dari pengalaman mereka selama mengajar. Saya sebagai dosen baru sangat berterima kasih atas sharing mereka tentang siasat-siasat menghadapi siswa, karena, seperti yang saya kutip dari mereka: “siswa adalah cerminan gurunya!”

Saya dan Bu Anggita saat membawakan materi
Featured image: https://teachingheartfirepoetry.com/thank-you-teachers-project/
Farah Mutiasari Djalal