Mahasiswa sebagai pemelajar yang menuntut ilmu di perguruan tinggi tentunya tidak dapat terhindar dari tugas dan tanggung jawab. Adapun tugas yang diberikan cukup bervariasi yakni membuat makalah, merangkum materi, menjawab persoalan yang diberikan oleh dosen dan menyusun artikel berdasarkan materi yang disampaikan oleh para dosen maupun para experts kepada mahasiswa.

Dalam menyusun artikel, tentunya tidak hanya menuntut mahasiswa memahami materi yang disampaikan. Namun demikian, mahasiswa perlu mengetahui metode yang dapat diterapkan guna mengoptimalkan daya serap informasi dan pengetahuan yang disampaikan baik dalam workshop, seminar maupun kuliah umum. Tak dapat dipungkiri, walau terlihat mudah, namun perlu dicermati dengan langkah-langkah yang tepat sehingga hasil artikel yang dimuat dapat memberi urian secara jelas dan lengkap.

Berikut ini, akan dijelaskan 4 poin mengenai tips menyusun artikel yang penulis terima berdasarkan ulasan dari Ibu Ayleen Wisuda dan disampaikan pada kuliah umum dengan materi LUMINA pada Jumat, 5 Mei 2017. Mari simak 4 poin berikut ini:

  1. Objective

* Mengumpulkan fakta atau informasi berdasarkan materi yang disampaikan

  1. Reflect

* Memberikan emosi dan persaan serta merefleksikan informasi tersebut. Hal ini bisa

berupa perasaan menyenangkan atau ketertarikan.

  1. Intepretasi

* Mengartikan/memberi makna pada informasi yang diterima

  1. Summary

* Memberikan ringkasan atau kesimpulan pada kegiatan yang telah diikuti

Setelah membaca dan mengetahui tips di atas, Kiranya melalui tulisan ini dapat membantu pembaca dalam membantu menyusun artikel.

Silahkan mencoba.

Always be happy  ^__^

Daftar pustaka:

Wisuda, A. (2017). Tips menyusun artikel disampaikan pada kuliah umum LUMINA Testing.

Jakarta: BINUS University