People Innovation Excellence

Pemberian Materi Psikologi Perkembangan kepada Pendamping Anak di Daycare Taman Anak Sejahtera “Kencana” BkkbN

 

Gambar 1 Daycare Taman Anak Sejahtera “Kencana” BkkbN

Halo Psytroopers!  

Sabtu, 4 Maret 2017 yang lalu telah dilaksanakan kegiatan P2M berupa pemberian materi Psikologi Perkembangan kepada pendamping anak di Daycare Taman Anak Sejahtera “Kencana” BkkbN. Daycare ini berlokasi di Jl. Permata 1, Halim Perdana Kusuma – Jakarta Timur tepatnya di dalam gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN). Kak Greta Vidya Paramita, M.Psi., Psikolog, salah satu dosen Psikologi di BINUS University, menjadi pembawa materi selama 4 jam di Daycare Taman Anak Sejahtera “Kencana” BkkbN ini. Sebelumnya apa teman-teman Psytroopers sudah tau apa kegiatan yang biasanya dilakukan di dalam Daycare? Dalam perbicangan yang dilakukan Kak Greta dengan Ibu Nani Yunengsih selaku penanggung jawab anak usia 0-2 tahun di Daycare ini dikatakan bahwa anak-anak yang didampingi oleh pendaming anak sehari-hari adalah anak karyawan yang ibu atau ayahnya bekerja sehingga anak harus dititipkan di Daycare tersebut. Sebagai pihak yang memberikan pelayanan atau biro kepada karyawan maka Daycra Taman Anak Sejahtera “Kencana” BkkbN tampak selalu ingin memberikan yang terbaik khususnya dalam hal menampingi dan mengasuh anak-anak. Maka dari itu materi psikologi perkembangan ini menjadi penting untuk menambah pengetahuan pendamping anak yang di Daycare ini yang sebagian besar merupakan lulusan SMK keperawatan berbasis kesehatan. Selain kesehatan, para pendamping anak juga menyadari bawa perlu juga adanya pemahaman mengenai sisi psikologis anak sehingga para pendamping dapat memberikan asuhan yang semestinya. Tentu hal ini dapat memudahkan keseharian para pendamping anak, bukan?

Gambar 2 Kak Greta dan Ibu Nani

Kesempatan kali ini ada 6 dari sekitar 7 pendamping anak yang menerima materi. Sebelum masuk ke dalam materi, Kak Greta memberitahu outline kegiatan yang akan berlangsung. Para pendamping terlihat antusias dan tertarik dengan materi yang diberikan. Ada beberapa harapan yang disampaikan oleh para pendamping sebagai target yang harus dicapai setelah mendengar materi yang diberikan Sabtu itu. Target-target tersebut diantaranya adalah pengetahuan mengenai kemampuan menangani anak-anak (handling), memahami perilaku anak sehingga pendamping anak tidak mudah emosi dalam mendampingi anak-anak di Daycare.

Gambar 3 Sesi Pemberian Materi

Pendamping anak member tahu kegiatan apa saja yang diberikan kepada anak-anak Daycare. Kebanyakan kegiatan yang dilakukan adalah aktivitas keseharian, bermain, dan tentunya belajar. Daycare lebih menekankan pada bermain sambil belajar yang dikategorikan berdasarkan usia. Tentunya kegiatan yang dilakukan tidaklah berat misalnya bermain puzzle, pengenalan huruf, melihat gambar, senam, bernyanyi dan sebagainya. Daycare memiliki kuota untuk banyaknya anak yang dapat dititipkan yaitu sejumlah 20 anak maksimal 4 tahun.

Gambar 4 Salah Satu Hasil Kegiatan Anak-Anak Daycare

Antusias dari para pendamping anak terlihat kembali pada saat sesi sharing. Pendamping menceritakan kejadian-kejadian yang dialami selama hampir satu hari menjaga banyak anak (pendamping asuh memiliki jobdesc masing-masing) mulai dari karakteristik anak, kegiatan anak, kegiatan pendamping, sampai keterhubungan para pendamping anak dengan orag tua anak. Ada beberapa anak yang terlihat mulai enggan berpisah dengan ayah/ibunya ketika dititipkan di Daycare, ada juga anak yang sulit diberikan nasihat, semua itu dibahas kembali oleh Kak Greta terkait dengan psikologi perkembangan. Tidak lupa kak Greta juga memberikan respond an saran terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pendamping anak.

Gambar 5 Foto bersama

Setelah materi disampaikan oleh Kak Greta, para pendamping anak kembali memberikan harapan-harapan apa saja yang dapat dicapai jika nanti kegiatan seperti ini dilaksanakan kembali. Harapan-harapan tersebut seperti adanya pemberian pengajaran Bahasa Inggris langsung kepada anak-anak (mengajarkan anak topik pemahaman) dan pengetahuan mengenai pembentukan karakter anak juga cara pengasuhannya dan materi apa yang perlu disampaikan kepada anak-anak di Daycare Taman Anak Sejahtera “Kencana” BkkbN.


Published at :
Written By
Greta Vidya Paramita
Lecturer and Psychologist | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close