People Innovation Excellence

Sekelumit Manfaat Knowledge Management dalam Organisasi

Knowledge Management (KM) di organisasi bertujuan utama untuk keberlangsungan dan secara bersamaan meningkatkan kinerja atau performance  organisasi. Mengapa demikian, kare tujuan paling tinggi dari adanya KM adalah menemukan pengetahuan baru atau cara baru dalam bekerja atau produksi dan jasa. Secara mudah dapat kita katakan bahwa tiga kegiatan utama KM adalah merekam kegiatan atau pengetahuan yang ada. Kemudian yang kedua adalah menyimpan hasil rekaman tersebut. Kegiatan ketiga adalah membagi atau menyebarkan pengetahuan tersebut. Tentunya ketiga kegiatan tersebut akan dapat lebih tertata dengan baik bila memanfaatkan teknologi.

Pertanyaan yang sering ditemukan terkait pengelolaan pengetahuan ini adalah “apakah saya tidak dirugikan bila menyebarluaskan pengetahuan?”

Perlu diketahui bahwa hakekat dari pengetahuan berbeda dengan benda. Jika pengetahuan kita bagikan dengan orang lain, pengetahuan masih tetap akan kita miliki. Sementara jika benda yang kita miliki kita berikan pada orang lain maka kita akan kehilangan benda tersebut. Jadi bisa dibayangkan bila pengetahuan dalam organisasi dapat kita sebarkan maka makin banyak orang yang berpengetahuan. Pada akhirnya kita dapat berharap bahwa melalui orang yang berpengalaman ini akan muncul pengetahuan baru. Melalui pengetahuan baru ini akan muncul cara kerja baru ataupun produksi atau jasa baru.

 

/Jo Rumeser


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close