People Innovation Excellence

Psikologi (Pendampingan) Kematian

Pada 29 Oktober 2016, Juneman Abraham, S.Psi., M.Si., SCC Community Psychology, berpartisipasi dalam Workshop “Guardian Angels” yang diselenggarakan oleh Lentera Anak Pelangi, bertempat di Gedung Yustinus Lantai 14, Unika Atma Jaya.

Materi yang dibawakan oleh Psikolog Mona Sugianto ini berkisar pada:

  • Perjalanan hidup manusia: lahir – hidup – kematian – kehidupan kekal (yang sejati)
  • Setiap kehidupan bermakna – setiap kematian (juga) sama bermakna: ada pesan berharga di balik kehidupan dan kematian seseorang
  • Memanusiakan manusia (ketika hidup) dan pada saat transisi ke kehidupan kekal (kematian)
  • Compassion dalam wujud nyata
  • Mencintai mereka yang tidak bisa ‘membalas’

Cukup banyak bekal filsofis, psikologis, dan teknis yang diberikan dalam workshop sehari penuh ini. Inti dari aktivitas-aktivitas dalam workshop ini adalah tindakan dan refleksi dalam perjalanan hidup yang berkenaan dengan belas kasih dan peran dalam hidup sebagai guardian angel bagi orang yang menderita.

Berikut ini adalah sejumlah gambar yang sempat diabadikan dalam kegiatan tersebut. Juneman Abraham memperoleh hadiah dari Mbak Mona, sebuah buku yang ditulisnya sendiri, yakni Heaven on Earth: Potret Kehidupan Manusia.

Workshop ini sangat kontekstual apabila dipadankan dengan misi BINUS University, seperti 1) Conducting professional services with an emphasis on application of knowledge to the society, and 2) Improving the quality of life of Indonesians.

Guardian Angel 1 Guardian Angel 2 Guardian Angel 3 Guardian Angel 4 Guardian Angel 5

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close