People Innovation Excellence

Riset Kualitatif, yang Bagaimana?

Salah satu pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jurusan kita memiliki rencana untuk membuka mata kuliah ini setelah beberapa periode melakukan penguatan dalam pendekatan kuantitatif. Ternyata, pendekatan kualitatif pun banyak ragamnya. Seringkali mahasiswa membutuhkan waktu untuk dapat memilih tipe penelitian kualitatif yang tepat sesuai dengan maksud dan tujuan penelitiannya. Dosen dan peneliti pun seringkali kurang peka dalam mengelaborasikan “penelitian kualitatif” yang digarapnya.

Sekalipun buku metodologi penelitian kualitatif telah dibaca bolak-balik, mahasiswa masih sering “tersesat” di antara rimba kualitatif, utamanya pada pengalaman awal. Terlebih lagi, apabila teks buku-buku yang ada lebih banyak bergulat dengan filosofi pendekatan kualitatif, dan artikel-artikel jurnal yang ada seringkali langsung saja menyebutkan pendekatan yang dipilih dengan mengandaikan pembaca sudah memiliki latar belakang dasar pengetahuan riset kualitatif.

Berikut ini adalah peta jalan “kasar” yang dapat digunakan oleh kita saat merancang penelitian kualitatif untuk sampai pada fokus pendekatan yang mampu menjawab pertanyaan penelitian kita. Semoga dapat menjadi panduan sekaligus penyemangat untuk melakukan penelitian kualitatif.

Bagan Alir Untuk Membantu Memilih Metode Kualitatif
Bagan Alir Untuk Membantu Memilih Metode Kualitatif

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close