People Innovation Excellence

Psikologi Perkembangan dan Sekolah Kembang

“Sekolah kami adalah tempat setiap anak tumbuh menjadi seseorang yang suka belajar sepanjang hidupnya dengan rasa bahagia dan antusias, serta tempat setiap guru menghadirkan suatu perbedaan.”

 Adalah penuturan Lestia Primayanti (Tia), kepala sekolah Sekolah Kembang, saat menjelaskan visi mengenai sekolahnya. Beliau hadir sebagai dosen tamu pada mata kuliah Lifespan Development pada tanggal 28 Oktober 2016 di Universitas Bina Nusantara untuk menjelaskan bagaimana Sekolah Kembang mendidik dan mengembangkan kemampuan anak-anak usia 3-5 tahun atau early childhood. Mbak Tia memberikan gambaran mengenai kegiatan di sekolahnya yang sebagian besar tidak dirasakan oleh mahasiswa saat mereka menjadi murid TK.

Lifespan1

Di Sekolah Kembang, kegiatan kelompok bermain dan TK diisi dengan bermain, bernyanyi, makan, dan kegiatan bersama-sama lainnya. Dalam kegiatannya, tema sains dan matematika tetap diberikan. Hanya saja, cara penyajiannya berbeda sehingga para murid menyukai tema-tema tersebut. Mbak Tia menekankan pula bahwa kemampuan membaca dan menulis bukan tujuan akhir dari jenjang TK meski terdapat kegiatan pra membaca dan menulis. Dari foto-foto yang ditampilkan, murid-murid terlihat beraktivitas secara langsung. Guru hanya mengamati dan tidak mengambil alih kegiatan anak. Murid-murid tampak bersemangat dan gembira, wujud nyata visi Sekolah Kembang. Di akhir penjelasan, Mbak Tia memberikan kesempatan tanya jawab yang disambut antusiasme mahasiswa. Mahasiswa menggali lebih lanjut mengenai cara didik Sekolah Kembang. Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat dan plakat kepada Mbak Tia.

Lifespan3

Penulis : Carla Adi Pramono (Dosen Jurusan Psikologi BINUS)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close