People Innovation Excellence

Psikologi BINUS Menyapa SMA 78

Halo Rekan-Rekan Psytroopers!

P2M 78 - 2

Tahukah kalian bahwa pada hari Selasa, 29 maret 2016, Tim Binus mengunjungi SMA 78 Jakarta Barat untuk melaksanakan “Seminar Motivasi menghadapi Ujian Nasional” pada siswa-siswi yang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) di awal buan April 2016. Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Bp. Zaenudin selaku perwakilan dari Pimpinan Sekolah yang berhalangan hadir.

Sesi diawali dengan permainan yakni “Kelipatan Angka” yang dibawakan oleh mahasiswa psikologi. Perwakilam peserta diminta untuk menirukan suara kambing ketika posisi mereka berada di kelipatan 3 atau kelipatan 5. Permainan ini menjadi awal yang baik untuk memulai seminar karena mampu membangun antusias anak SMA 78.

Sesi pertama dibawakan oleh Bpk. Rahmanto Kusendi, S.T., M.Si.  Pada sesi ini pemateri menyampaikan bahwa dalam menghadapi UN sebaiknya para peserta mengenali diri agar dapat mengatasi hal-hal yang mungkin terjadi. Selain itu, Pemateri juga membahas tentang minat, ambisi yang ada dalam diri siswa-siswi. Pada sesi ini anak-anak cukup semangat dan antusias dilihat dari keaktivan siswa/I untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan.

Setelah sesi pertama, kemudian diadakan ice breaking yakni meminta untuk setiap siswa/I menghitung berapa kali mereka bernafas dalam hitungan satu menit. Makna dari ice breaking ini adalah normal orang dewasa bernafas alam satu menit dalah 12-20 kali, sehingga jika diatas 12-20 kali menandakan individu sedang mengalami stress

Sesi kedua disampaikan oleh Ibu Yuni Wulandari, S.Sos., M.Si. dan sesi terakhir disampaikan oleh Ibu Dra. Lisa Ratriana Chairyati, M.Si. Pada sesi terakhir ini Ibu Lisa menyampaikan cara-cara bagaimana menghadapi Ujian Nasional dan apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang Ujian Nasional agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Bagian akhir dari seminar ini yakni dilaksanakan sharing session oleh salah satu mahasiswa Psikologi BINUS mengenai pesan-pesan singkat untuk menghadapi UN dan cara menyesuaikan diri di dunia perkuliahan yang begitu berbeda dengan dunia Sekolah.

P2M di SMAN 78Sampai bertemu di kesempatan berikutnya!


Published at : Updated
Written By
Nanda Agastya Wardana
Psychology Lab Staff | BINUS University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close